Kamis, 25 Mei 2017

SEKALI SLANK TETAP SLANK !!!




Dalam kehidupan, pada umumnya kita pasti mempunyai sesuatu hal yang kita sukai atau kita favoritkan, seperti makanan favorit, tempat liburan favorit, lagu favorit, aktris dan aktor favorit, grup band favorit, tim sepakbola favorit, tokoh favorit dan dalam hal-hal lainnya.

Dan dalam menenetukan sesuatu hal yang kita sukai atau kita favoritkan tentunya kita memiliki beragam alasan dan pertimbangan tertentu hingga akhirnya bisa membuat kita menyukai dan memfavoritkan hal tersebut.

Setali tiga uang dengan manusia pada umumnya, saya pun juga memiliki banyak hal yang saya favoritkan dalam hidup ini, seperti makanan favorit, tim sepakbola favorit, tokoh favorit, minuman favorit, lagu favorit, band favorit dan dalam hal-hal lainnya yang tentunya tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi cerita secara khusus tentang alasan mengapa saya bisa memilih dan menjadikan sebuah grup band bernama Slank sebagai grup band favorit saya.

Pada dasarnya setiap hal yang saya lakukan dan saya sukai di dalam kehidupan ini pasti di landasi dengan dasar argumentasi yang kuat mengapa saya bisa memilih melakukan serta bisa menyukai sesuatu hal tersebut.      

Begitupun dengan pemilihan Slank sebagai grup band favorit pastinya juga di landasi dengan dasar argumentasi yang kuat mengapa saya bisa menyukai ataupun memfavoritkan Slank.

Sejujurnya saya memilih dan menjadikan Slank sebagai band favorit bukanlah karena faktor saya sangat menyukai lagu-lagunya seperti halnya alasan umum yang sering digunakan oleh kebanyakan orang ketika memfavoritkan suatu grup band, iya, harus saya akui memang ada beberapa lagu Slank yang cukup saya suka dan sering saya putar seperti virus, seperti para koruptor, ku tak bisa atau juwita malam.

Namun sejujurnya, lagu-lagu Slank bukanlah alasan utama yang membuat saya begitu memfavoritkan band yang di bentuk oleh Bim-Bim 34 tahun silam tersebut, saya menyukai Slank lebih kepada sisi filosofi dan idealisme dari band ini dalam bermusik yang menurut saya "Out of The Box" dan sarat akan nilai-nilai filsafati.

Filosofi dan idealisme Slank dalam bermusik tidak hanya sebatas grup band yang hanya menciptakan lagu, membuat album dan manggung, lebih dari itu Slank memiliki idealisme bermusik untuk menyampaikan dan menanamkan pesan-pesan yang positif serta kritik sosial yang bertujuan untuk mengubah perilaku dan cara pandang masyarakat maupun penguasa untuk lebih concern dan peduli terhadap fenomena sosial yang berimplikasi terhadap kehidupan kolektif, misalnya problematika korupsi, lingkungan, solidaritas, kesenjangan sosial, kemiskinan dll.

Roscue Pound seorang ahli hukum beraliran Sosiological Jurisprudence mengatakan bahwa hukum adalah sebuah sarana untuk mengubah masyarakat (tingkah laku, cara pandang dll), dan Slank bagi saya adalah sebuah grup band yang memiliki idealisme untuk mengejawantahkan musik sebagai sarana untuk mengubah masyarakat. Jika Roscue Pound "Law as Social Engineering", maka Slank "Music as Social Engineering".

Bagi saya pribadi Slank bukanlah sekedar grup band semata, akan tetapi, lebih dari itu Slank adalah filsuf dalam belantika musik nasional yang memiliki visi yang "Out of The Box", penggerak dan kritikus sosial yang idealis, independen, konsisten, apa adanya, aktif menyuarakan pesan perdamaian, kepedulian terhadap lingkungan, kepedulian terhadap sesama manusia, serta suka melawan ketidakadilan dan penindasan.

Perlawanan Slank terhadap ketidakadilan dan penindasan dapat dilihat dari beberapa lagu-lagu Slank yang liriknya beraromakan kritik sosial yang cukup pedas baik itu kritik sosial kepada pemerintah maupun kritik sosial kepada masyarakat itu sendiri.

Lagu-lagu seperti gossip jalanan, hey bung, indonesiakan una, tong kosong, seperti para koruptor , hingga single terbaru yang berjudul palaloe peyang adalah bukti sahih betapa Slank begitu aktif dan konsisten menyampaikan dan menanamkan pesan – pesan positif dalam lirik lagunya berupa sindiran ataupun kritik, dan sindiran ataupun kritik tersebut adalah ibarat pil pahit yang menyehatkan jika kita bisa mengejawantahkannya secara tepat.

Slank juga cukup aktif menyuarakan pesan perdamaian baik melalui lagu maupun dengan slogannya yang begitu familiar di telinga pecinta musik indonesia yaitu Peace, Love, Unity, Respect (PLUR) yang bermakna bahwa setiap manusia hendaknya cinta akan perdamaian dan saling peduli dalam sebuah kebersamaan sehingga dapat tercipta keharmonisan, kerukunan dan ketentraman dalam hidup.

Selain itu Slank juga aktif menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan hidup melalui karya - karya yang diciptakannya, lagu - lagu seperti lembah baliem dan krisis air adalah beberapa lagu yang menjadi bukti kepedulian Slank terhadap kelestarian lingkungan hidup, lewat lagu-lagu tersebut Slank mencoba menyampaikan pesan betapa pentingnya menjaga, merawat dan melestarikan lingkungan hidup.

Slank dimata saya adalah grup band yang seksi, menarik dan menginspirasi, seksi dalam artian selain memiliki segudang prestasi Slank juga memiliki sisi kontroversi yang mewarnai perjalanan karirnya di belantika musik nasional sejauh ini, perpaduan antara prestasi dan kontroversi itulah yang membuat Slank nampak begitu seksi di mata saya.

Slank adalah grup band yang menarik, band yang memiliki jutaan penggemar militan bernama Slankers tersebut adalah salah satu band yang memiliki beragam sisi menarik untuk dapat di nikmati , baik dari sisi perspektif historis, sisi kontroversi dan tak lupa tentunya juga sisi prestasi bagaimana mampu bertahan di kerasnya percaturan belantika musik nasional hingga 34 tahun sejauh ini.

Slank adalah band yang menginspirasi, baik menginspirasi bagi grup band lainnya, bagi khalayak umum maupun bagi para individu yang ingin bangkit dari sebuah keterpurukan, Slank memiliki beragam sisi yang cukup menginspirasi baik itu dari sisi prestasi, kekompakkan, kreatifitas, konsistensi hingga keberhasilannya lepas dari belenggu narkotika yang hampir saja merenggut nyawa band ini, dan semua hal itu tentunya mampu memberikan bahan pembelajaran hidup yang positif bagi kita semua.

Di era sekarang ini Slank yang notabene adalah grup band yang memiliki jutaan penggemar fanatik mempunyai tanggung jawab yang besar untuk dapat memberikan contoh yang baik dalam setiap tindakan dan aktivitasnya serta memiliki peran yang efektif untuk menyampaikan dan menanamkan pesan yang positif kepada masyarakat luas melalui gerakan sosial atau melalui lirik lagu-lagu nya yang provokatif, dan saya pikir Slank akan mampu melakukan hal tersebut dengan baik atas segala hal yang dimilikinya.

Segala hal yang dimiliki oleh Slank diatas adalah beberapa faktor yang pada akhirnya membuat saya begitu jatuh hati kepada Slank.

Sebagai sebuah pribadi kebetulan saya termasuk golongan tipe lelaki yang tidak mudah untuk pindah ke lain hati ( setia ), entah dalam hal apapun, sekali saya jatuh cinta pada sesuatu, maka saya garansi dan saya pastikan cinta itu pasti tidak akan mudah hilang dan memudar, begitupun juga cinta saya kepada Slank, sekali Slank maka selamanya tetap Slank, Slank akan selalu menjadi band favorit saya sampai kapanpun !!!!

Dan mungkin hanya ada satu alasan yang bisa membuat cinta saya kepada Slank memudar yaitu apabila Slank berubah menjadi bukan Slank seperti yang saya kenal selama ini.




SELESAI ......... 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar