Jumat, 18 November 2016

INDONESIA BISA !!!



Piala aff yang menjadi ajang supremasi tertinggi sepakbola kawasan asia tenggara akan kembali di gelar tahun ini , ajang yang pertama kali di gelar pada tahun 1996 silam dengan nama piala tiger tersebut telah sampai pada edisi yang ke 11 pada tahun ini , piala aff 2016 akan menjadi edisi ke 11 dari kejuaraan piala aff , seperti biasa pada gelaran piala aff tahun ini akan diikuti oleh 8 negara , yang terbagi ke dalam dua grup , dimana myanmar dan philipina akan bertindak sebagai tuan rumah.


Dari 10 edisi penyelenggaraan piala aff  sebelumnya , ajang ini telah berhasil melahirkan 4 negara yang mampu meraih gelar juara , yaitu thailand sebanyak 4 kali , singapura 4 kali serta malaysia dan vietnam yang masing-masing sekali meraih gelar juara.


Sedangkan bagaimana kiprah indonesia di piala aff sejauh ini dalam 10 edisi yang telah berlalu ? prestasi indonesia boleh dikatakan masih jauh dari kata memuaskan , meskipun juga tidak dapat di katakan buruk begitu saja , 4 kali mampu melaju ke partai puncak tanpa sekalipun mampu menggondol gelar juara adalah prestasi terbaik indonesia sejauh ini di piala aff.


gelaran piala aff tahun ini akan menjadi momen yang terasa sedikit spesial bagi indonesia , setelah absen selama kurang lebih satu tahun dari pergaulan sepakbola internasional (karena hukuman fifa) , piala aff tahun ini pun menjadi ajang perdana “comeback” nya timnas indonesia dalam pergaulan sepakbola internasional khususnya untuk kawasan asia tenggara.


Pada persiapan piala aff kali ini , memang ada sedikit kendala teknis dalam pembentukan tim nasional , liga yang masih terus berjalan pada saat ada agenda tim nasional , membuat PSSI dan para klub membuat sebuah kesepakatan , kesepakatan yang tentunya bisa mengakomodasi kepentingan kedua belah pihak (meskipun kesepakatan tersebut sangat aneh menurut saya) , yaitu untuk setiap klub maksimal hanya 2 pemain saja yang boleh bergabung ke pelatnas.


Dengan aturan , maksimal hanya 2 pemain saja dari tiap klub yang boleh bergabung ke tim nasional , membuat jajaran tim pelatih harus memutar otak dan strategi untuk mampu meramu , menemukan dan membentuk tim terbaik dari keterbatasan tersebut.


Meskipun maksimal hanya 2 pemain saja dari setiap klub yang dapat bergabung ke tim nasional , akan tetapi menurut pendapat saya , sesungguhnya hal itu bukanlah kendala yang terlalu serius untuk dapat menyiapkan dan membentuk tim nasional yang kuat dan tangguh.


Mengapa saya mengatakan hal itu bukanlah kendala yang terlalu serius ???  hal itu di karena kan saat ini pemain – pemain terbaik di indonesia banyak menyebar ke beberapa klub , tidak hanya berkumpul pada satu , dua atau tiga klub saja , sehingga meskipun tim pelatih hanya boleh memanggil maksimal 2 pemain saja dari tiap klub , tentunya tim pelatih masih dapat memanggil pemain-pemain yang berkualitas.


Namun menurut pandangan subyektif beberapa pihak , tentu akan sulit membentuk tim nasional yang “ideal” dengan adanya keterbatasan itu , saya memang tidak dapat memungkiri akan hal itu , akan tetapi menurut pandangan saya , tim yang kuat tidak harus selalu di bangun dari materi pemain yang ideal , ada banyak faktor pendukung lain yang mampu membuat sebuah tim itu menjadi solid dan tangguh , diantaranya faktor teknis seperti persiapan tim , motivasi , kekompakan antar komponen dalam satu tim serta kerja keras dan faktor non teknis misalnya dukungan suporter.


Dari 5 aspek teknis penunjang kesuksesan sebuah tim , yaitu materi pemain , persiapan tim , motivasi , kekompakan dan kerja keras , kelemahan indonesia mungkin hanya dari 2 aspek saja , yaitu persiapan tim dan materi pemain (menurut subyektifitas pelatih) , sedangkan keunggulan tim indonesia saat ini ada 3 aspek yaitu motivasi , kekompakkan dan kerja keras.


Tak bisa dipungkiri setelah terbebas dari sanksi fifa , membuat para pemain yang selama ini rindu mengenakan baju kebesaran merah putih tentu akan semakin terbakar motivasi , gairah , semangat dan kekompakkannya untuk dapat memberikan prestasi yang terbaik bagi indonesia


Oleh karena itu tugas segenap komponen tim nasional indonesia saat ini (pemain , pelatih dan offisial) adalah bagaimana cara mereka dalam memaksimalkan kelebihan yang mereka miliki yaitu meningkatkan motivasi , kekompakkan dan kerja keras serta bagaimana cara mereka dalam meminimalisasi kekurangan yang ada untuk mampu meraih prestasi yang maksimal.


karena hidup adalah tentang bagaimana cara kita dalam memaksimalkan kelebihan yang kita miliki serta bagaimana cara kita dalam meminimalisir kekurangan yang ada dalam diri kita untuk meraih tujuan hidup kita masing-masing.


Materi pemain tim nasional indonesia saat ini boleh di katakan lebih berwarna , percampuran pemain muda potensial seperti evan dimas , yanto basna , manahati lestusen dan bayu gatra yang dipadukan dengan pemain-pemain senior sarat pengalaman seperti boaz sollosa , kurnia meiga , beny wahyudi , andik vermansyah dan zulham zamrun , mampu memberikan corak tersendiri bagi permainan tim nasional dalam 4 kali laga ujicoba sebelum di gelarnya piala AFF.


Dengan materi pemain yang lebih berwarna , plus di tunjang motivasi yang tinggi , kekompakkan dan kerja keras dari segenap komponen tim nasional indonesia serta doa dan dukungan dari jutaan masyarakat indonesia dan ditambah pula dengan sedikit bumbu keberuntungan , saya rasa tim nasional indonesia akan mampu melangkah jauh di ajang piala aff tahun ini , menjadi juara ??? mengapa tidak.


Memang tidak mudah untuk dapat merealisasikan hal itu (juara) , akan tetapi hal itu juga bukan merupakan sebuah kemustahilan , dalam kehidupan tidak ada hal yang mudah akan tetapi di sisi lain juga tidak ada hal yang mustahil untuk bisa di wujudkan.


begitupun di dalam dunia sepakbola , tidak pernah ada hal yang mudah , akan tetapi juga tidak ada hal yang tidak mungkin untuk bisa di wujudkan , masihkah kita ingat keberhasilan denmark menjadi juara euro 1992 , iraq menjadi juara piala asia 2007 , yunani menjadi juara euro 2004 serta keberhasilan leicester city merengkuh gelar juara liga inggris 2015 ??? tim-tim yang di luar dugaan mampu keluar sebagai yang terbaik di tengah kepungan tim-tim yang lebih di favoritkan.


keempat peristiwa tersebut adalah contoh sahih dari adagium yang berbunyi "tidak ada hal yang mustahil untuk bisa diwujudkan" dan semoga saja perjalanan timnas indonesia di ajang piala aff tahun ini bisa mengikuti jejak seperti halnya perjalanan keempat tim tersebut , yaitu mampu keluar sebagai yang terbaik di tengah kepungan tim-tim yang lebih di unggulkan.


Tugas Timnas Indonesia saat ini hanyalah bagaimana selalu berusaha bermain semaksimal mungkin dalam setiap pertandingan , maksimalkan sisi kelebihan (motivasi , kekompakan , kerja keras) maka dengan sendirinya sisi kekurangan Timnas Indonesia juga akan tereduksi , peliharalah rasa dan hasrat ingin menang yang tinggi , semangat pantang menyerah , kerja keras baik saat latihan maupun dalam pertandingan dan terakhir tentunya juga harus diiringi dengan doa.


jika semua hal itu sudah dilakukan oleh segenap pemain maupun seluruh komponen timnas , maka terlepas dari apapun hasil yang akan diperoleh oleh timnas nantinya di ajang piala aff ini pasti itulah hasil yang terbaik dan maksimal , dan saya yakin masyarakat Indonesia pasti Juga akan menerima dan menghargai atas hasil dan perjuangan tersebut.


partai melawan Thailand pada Sabtu 19 November besok akan menjadi ujian pertama bagi Timnas Indonesia dalam usaha mengarungi ketatnya persaingan memperebutkan supremasi tertinggi sepakbola Asia tenggara bernama piala AFF , semoga saja timnas Indonesia dapat menampilkan permainan terbaiknya di pertandingan perdananya tersebut dan kemudian berlanjut ke pertandingan-pertandingan berikutnya , selamat berjuang Garuda !!! semoga beruntung !!! Indonesia Bisa !!!



#IndonesiaBisa #SaatnyaJuara #PialaAFF #KuYakinKauBisa #SaatnyaTerbangTinggi #MerahPutih #IndonesiaSelamanya






Tidak ada komentar:

Posting Komentar