Sabtu, 26 November 2016

SAYA , MU DAN FORMASI 4-2-4




Mengingat kembali atau bernostalgia dengan masa-masa dimana kita masih menjadi anak-anak atau ABG ( Anak Baru Gede) tentu akan selalu menjadi hal yang menyenangkan , berbagai cerita atau momen menarik tentunya pernah kita rasakan pada masa- masa itu , masa dimana kedewasaan dalam berpikir dan bertindak belum kita miliki , masa dimana bermain adalah kebutuhan utama dan masa dimana hal-hal yang sifatnya serius belum menghinggapi kehidupan kita.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengingat dan menggali sebuah kenangan menarik atau mungkin menggelikan yang pernah saya alami ketika saya masih menjadi anak-anak atau ABG, yang kemudian akan saya susun menjadi sebuah artikel di blog pribadi saya.

Momen atau cerita menarik yang akan saya ceritakan disini adalah momen atau cerita yang terjadi sekitaran masa saat saya masih duduk di bangku sekolah dasar dan sekolah menengah pertama  , dan setelah saya mengingat secara seksama , sekiranya ada satu cerita atau momen menarik dan menggelikan yang pernah saya alami di masa-masa itu , dan berikut adalah momen atau cerita tersebut

#Manchester United dan  4-2-4

Sekitaran tahun 2006 hingga 2008 adalah masa-masa dimana play station 2 (ps 2) menjadi primadona bagi penikmat game , dimasa itu ps 2 ibarat memberikan candu bagi penikmatnya , tak terkecuali dengan saya , sekitaran tahun tersebut hari hari saya pun tidak pernah lepas dari stick play station , bermain play station seperti memberikan semacam rasa candu bagi saya , hingga saya tak pernah bosan untuk memainkannya berulangkali dan seringkali membuat saya lupa waktu (sholat ,makan dan aktivitas lainnya).

pada masa-masa itu hal pertama yang saya pikirkan ketika perjalanan pulang dari sekolah menuju rumah adalah bermain play station , setiap hari waktu saya , selain sekolah adalah saya habiskan untuk bermain play station di rental ps dekat rumah saya , dan dari semua permainan yang ada di dalam ps 2 , game sepakbola winning eleven adalah favorit saya.

Mengenai game sepakbola winning eleven ini , saya pernah mengalami cerita yang cukup menarik dan menggelikan , singkat cerita , pada waktu itu skill bermain ps saya belum terlalu hebat atau masih "Cemen" mungkin kata yang lebih tepat , oleh karena itu saya sering menderita kekalahan saat bertanding melawan teman-teman saya sebut saja namanya si O , P dan H , (teman-teman saya tersebut juga berstatus sebagai tetangga saya ) dan oleh karena nya (karena sering kalah) saya pun sering di ejek oleh teman-teman saya tersebut , di anggap masih kelas anak Tk lah , kelas teri lah , hingga di poor beberapa gol pun saya masih saja kalah melawan mereka.

Segala hal tersebut telah menandakan bahwa skill saya dalam bermain winning eleven pada waktu itu sangat sangat lah buruk dan karena sering mengalami kekalahan serta di ejek oleh teman-teman saya , maka sayapun mencoba mengevaluasi diri agar tidak kalah melulu sehingga tidak di ejek oleh teman-teman saya terus.

Singkat cerita , akhirnya saya menemukan cara paling mujarab untuk meningkatkan skill bermain ps saya , yaitu dengan mencoba mengamati taktik dan formasi yang di gunakan oleh teman-teman saya yang sudah jago (si P dan si H) , lalu kemudian saya akan mencoba meng-implementasikan taktik dan formasi tersebut ke dalam tim yang saya pilih.

karena saya rasa faktor yang membuat teman-teman saya jago dalam bermain winning eleven sangat besar di pengaruhi oleh pemilihan formasi dan taktik apa yang mereka gunakan , oleh karena nya saya mencoba menemukan formasi dan taktik yang tepat untuk bisa saya implementasikan ke dalam tim pilihan saya , dan setelah mengotak-atik berbagai macam variasi formasi dan taktik selama berminggu-minggu , akhirnya saya menemukan sebuah formasi yang saya rasa cukup kuat untuk dapat mengalahkan atau setidaknya dapat mengimbangi permainan teman-teman saya tersebut.

Sebelum saya gunakan untuk melawan teman-teman saya tersebut , tentunya taktik dan formasi yang saya temukan ini telah saya uji coba terlebih dahulu , yaitu dengan saya gunakan untuk melawan computer , dan setelah beberapa hari ber-ujicoba melawan computer ternyata saya mampu menang dengan skor yang cukup telak , dan hal tersebut tentunya cukup menjadi modal yang meyakinkan bagi saya ,  sebelum menantang teman-teman saya yang tentunya sudah sering mengalahkan dan mengejek saya.

Taktik dan formasi yang saya gunakan pada waktu itu mungkin sedikit aneh , saya menggunakan formasi 4-2-4 (4 pemain belakang , 2 gelandang dan 4 penyerang) , dengan taktik serangan balik , dan tim yang saya gunakan adalah tim favorit saya yaitu Manchester United , dengan formasi 4-2-4 maka saya akan lebih menekankan pada serangan balik dari sisi sayap.

Formasi 4-2-4 MU andalan saya ini , di isi oleh :
Kiper : edwin van de sar
Belakang : park ji sung , vidic , rio ferdinand , patrick evra
Tengah : michael carrick , ryan giggs
Depan : paul scholes , wayne rooney , carlos tevez , cristiano ronaldo

Dengan formasi 4-2-4 ini , saya akan mencoba mengeksplorasi kemampuan cristiano ronaldo di sisi kiri pertahanan lawan , taktik saya simpel saja , ketika lawan menyerang dan gagal , maka secepat kilat saya akan melakukan serangan balik , dengan cara mengirim umpan kepada cristiano ronaldo , ronaldo dengan kecepatan dan kelincahannya akan menyisir sisi kiri pertahanan lawan , lalu mengirim umpan kepada rooney atau tevez , kedua pemain inilah yang saya andalkan untuk membobol gawang lawan , rooney saat itu sangat kuat balance nya dan memiliki tendangan yang sangat keras , sedangkan tevez selain juga cukup kuat dia juga memiliki kelebihan dari sisi kecepatan.

Maka , setelah saya cukup yakin dengan penggunaan formasi 4-2-4 , saya pun mencoba menantang satu per satu teman saya , yang tentunya sering mengejek saya , pertama-tama saya menantang teman saya sebut saja namanya si O , si O ini saya anggap sebagai lawan yang tidak terlalu kuat , sehingga jika saya bisa mengalahkannya maka saya mempunyai asumsi bisa mengimbangi si H dan si P yang di atas kertas jauh lebih hebat dari si O.

Pada waktu itu teman saya si O ini menggunakan tim barcelona yang saat itu masih diperkuat oleh ronaldinho , puyol , thuram dll , seperti biasa sebelum bertanding si O ini mengejek saya , saat itu dia berkata , “sudah siap kalah nih tong” , saya pun menjawab “kali ini saya siap untuk menang mas” , saya memanggil si O dengan panggilan mas , karena secara usia dia memang lebih tua dari saya , dan pertandingan pun dimulai , si O lebih sering menyerang saya , akan tetapi hingga pertandingan selesai si O hanya mampu mencetak 1 gol saja , sedangkan saya mampu membobol gawangnya sebanyak 4 kali , si O pun belum puas dan menantang saya lagi , dan lagi-lagi saya dapat mengalahkannya hahaha , misi pertama sukses nih pikir saya waktu itu.

Kemudian selang beberapa hari saya menantang si H , si H menggunakan tim  ac milan yang saat itu masih diperkuat oleh inzaghi , shevcenko , gatuso , pirlo , dida dll , akan tetapi seperti halnya si O , si H pun berhasil saya kalahkan hahaha , kini giliran si P nih (pikir saya waktu itu) , si P adalah teman yang paling sombong menurut saya , ejekannya adalah yang paling “nyelekit” , saya sudah tidak sabar ingin mengalahkan dan mengejeknya.

Suatu sore  , di rental ps langganan saya yang berada di desa saya sendiri , akhirnya saya berhasil menantang si P ini untuk berduel , saat itu si P dengan gaya sombong nya menghina saya , “kamu minta poor berapa tong hahaha” , saya pun menjawab dengan pede “tidak usah poor , aku yakin menang kali ini” , dia menjawabnya lagi “hahaha tenane leh , biasanya tak poor aja masih kalah kamu “.

singkat cerita duel pun terjadi , saat itu kami main hanya 1 jam saja yang terdiri atas 4 pertandingan , seperti biasa dia menggunakan inter milan dengan duet adriano dan ibrahimovich yang sangat menakutkan pada waktu itu , dari 4 pertandingan tersebut saya berhasil menang 2 kali , 1 kali seri , Dan dia hanya menang sekali , sehabis duel , saya pun gantian mengejeknya habis-habis an , hingga membuat wajahnya memerah menahan malu , dia tidak menyangka bahwa saya yang selama ini sering di hajarnya dengan skor telak saat bermain wining eleven , justru sekarang bisa mengalahkannya , ini semua berkat formasi 4-2-4 tim MU temuan saya gumam saya dalam hati pada waktu itu hahaha

Dia pun menantang saya kembali esok hari , dia berkata “kalau nggak ada judi nya aku nggak serius , bagaimana kalau kita besok main ps nya ada judinya yaitu satu gol bayar seribu , kita main 1 jam saja , sehingga kan ada 4 pertandingan” saat itu saya menjawab “oke siapa takut”

Keeesokan harinya duel pun terjadi , dia dengan duet adriano dan ibrahimovich nya lebih sering membombardir pertahanan saya yang dikomandoi oleh vidic dan rio ferdinand , akan tetapi hingga 4 pertandingan berakhir ,secara akumulasi ia kalah total 4 gol dari saya , itu artinya ia harus membayar uang kepada saya sebesar 4 ribu rupiah , dan setelah duel berakhir saya pun mengejeknya habis-habis an , hal yang sebelumnya sering dilakukan oleh si P kepada saya , kini gantian saya yang melakukannya kepada si P , hahahaha enak juga ya ngejek orang , pikir saya pada waktu itu.

Akan tetapi setelah dua kekalahan dalam dua duel  , ternyata si P masih belum puas , ia kembali menantang saya dengan judi yang lebih besar , yaitu 1 gol bayar 2 ribu , akan tetapi pada akhirnya ia pun harus kembali menderita kekalahan , ketika itu yang saya ingat ia kalah total akumulasi 6 gol selama 1,5 jam bermain ps (6 pertandingan) , dan ia pun harus membayar kepada saya sebesar 12 ribu rupiah , akan tetapi pada kenyataanya ia tidak mau membayarnya , saya pun tidak masalah dia tidak membayarnya , karena sejujurnya judi bukan tujuan utama saya pada waktu itu.

Sejak saat itu , saya yang semula berstatus kerupuk bawang dalam bermain ps sepakbola winning eleven , berubah menjadi sosok yang ditakuti oleh teman-teman saya , dulu saya sering di ejek oleh teman-teman saya namun sekarang gantian saya yang sering mengejek mereka , khususnya si P hahaha , dan sejak kalah 12 ribu dari saya , si P pun selalu menghindar jika saya ajak duel bermain winning eleven.

Dan saat bertemu dengan dia , di lapangan sepakbola desa kami (saat kami bermain bola bersama kawan-kawan sekampung) ataupun di tempat lainnya  , hal pertama yang saya lakukan adalah mengejeknya "hallo bro bagaimana , masih berani lawan gue hehehe" kata saya waktu itu sambil nyengir penuh kemenangan dan ketika ia mengeluarkan berbagai macam alasan yang terkadang kurang masuk akal untuk menghindar saat saya mengajaknya duel bermain winning eleven (seperti melarang saya menggunakan tim MU ) tawa saya pun semakin keras saja hahahahaha.

Sekitaran akhir tahun 2006 , yaitu saat saya masih duduk di bangku kelas 6 sekolah dasar hingga tahun 2008 , saat saya duduk di kelas 2 smp , adalah masa-masa kejayaan saya dalam bermain ps 2 winning eleven , kuatnya vidic dan rio ferdinand di belakang , kecepatan ronaldo di sisi sayap , duet mematikan rooney dan tevez di depan serta di tunjang dengan formasi jitu 4-2-4 membuat saya nyaris tak terkalahkan dalam rentang waktu tersebut , teman-teman saya di kampung maupun teman-teman saya di sekolah banyak yang sudah saya kalahkan , di saat -saat itulah gaya tengil saya muncul dengan tegaknya yaitu ketika mengejek teman-teman saya yang saya kalahkan tersebut , semakin merah wajah teman saya yang saya ejek tentunya akan membuat saya semakin puas hehehe , sungguh kenangan yang menyenangkan dan menggelikan bagi saya serta tentunya kenangan yang menyedihkan bagi teman saya hehehe , itulah seklumit cerita menarik atau mungkin menggelikan yang pernah saya alami di masa anak-anak atau ABG (Anak Baru Gede).

lalu bagaimana dengan saat ini ? apakah saya masih sering memainkan game winning eleven ps 2 ??? jawabannya adalah , untuk saat ini saya sudah tidak pernah lagi memainkan game winning eleven ps 2 , selain dikarenakan saya sudah tidak tertarik lagi dengan game tersebut , faktor yang membuat saya tidak pernah lagi memainkan game winning eleven ps 2 juga disebabkan karena faktor sulitnya mencari lawan tanding , pesatnya perkembangan teknologi , membuat anak muda era sekarang lebih suka memainkan game ps 3 ketimbang game ps 2 , sedangkan saya sendiri saat ini lebih tertarik dengan dunia tulis menulis dari pada bermain game , salah satu buktinya yaitu dengan menuliskan cerita ini hehehe.




"Masa kecil adalah masa - masa yang akan paling kita rindukan ketika kita menginjak dewasa dan beranjak tua , oleh karena itu mengingatnya kembali akan selalu menjadi hal yang menyenangkan"



~SELESAI~




Tidak ada komentar:

Posting Komentar