Minggu, 03 Januari 2016

MENULIS ADALAH KEBAHAGIAAN



Malam belum terlalu larut , waktu baru menunjukkan pukul 22.00 wib , di luar sendiri tengah turun hujan lebat hingga membuat udara di dalam kamar kos saya terasa sangat dingin , meskipun begitu belum terlihat tanda tanda rasa kantuk datang menghinggapi diri saya.


Hari ini adalah hari yang cukup melelahkan bagi saya ,karena hampir sepertiga dari waktu hari ini saya habiskan di dalam kendaraan , pukul 12.30 sampai pukul 16.00 saya habiskan waktu untuk menempuh perjalanan dari kota Surakarta menuju kota rembang , kemudian pukul 16.30 sampai pukul 19.00 saya habiskan waktu untuk menempuh perjalanan dari kota rembang menuju kota semarang.


Oleh karena itu , untuk menunggu rasa kantuk datang menghampiri diri saya , saya menyempatkan diri untuk menyalurkan salah satu kegemaran saya (hobby) ,hobby yang selama satu tahun ini saya geluti. Yaitu  Menulis ,menulis adalah satu satu nya hoby saya ,yang saya mulai dari mencoba , maka dari itu saya  menyebut menulis adalah “harta karun” yang saya gali dari dalam diri saya sendiri.


Pertama kali saya tertarik untuk menulis adalah ketika saya mengunjungi blog dari mantan pemain nasional sepakbola Indonesia ,bambang pamungkas ,di blog tersebut bambang pamungkas menceritakan segala curahan kehidupannya melalui tulisan dari hal hal yang sederhana sampai hal hal yang sedikit rumit.


melalui tulisan-tulisan tersebut bambang pamungkas  merekam jejak kehidupan atau napak tilas dalam kehidupannya, dimulai dari saat dia memulai karir menjadi pesepakbola hingga menjadi salah satu pemain sepakbola Indonesia terbesar dalam sejarah  persepakbolaan nasional. Semua terekam rapi dalam bentuk tulisan-tulisan di blog pribadinya,


Maka dari itu setelah melihat tulisan-tulisan bambang pamungkas di blog pribadinya ,saya terinspirasi untuk juga merekam jejak atau napak tilas dalam kehidupan saya dalam bentuk tulisan , maka dari itu  saya pun segera membuat blog pribadi dan tak lama kemudian saya mencoba untuk menulis pertama kali.


tulisan pertama saya berjudul “mantan saya wanita yang kurang beruntung” , tulisan pertama saya tersebut cukup singkat padat dan berisi , tujuan saya menulis artikel tersebut adalah untuk memotivasi diri saya sendiri agar kedepan saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik ,tidak kurang dan tidak lebih lebih.


tak terasa , setelah hampir setahun memiliki hobby menulis , saya telah menelurkan 55 tulisan di blog pribadi saya, pradiktaandialvat.blogspot.com , tulisan saya umumnya berisi pengalaman saya di masa lalu , mimpi saya di masa depan serta opini atau pendapat saya terhadap sesuatu hal.


menulis adalah aktivitas sederhana namun mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan kita ,oleh karena itulah saya menganggap menulis adalah harta karun yang berhasil saya gali dan saya temukan dari dalam diri saya sendiri.dan saya merasa sangat beruntung karena memiliki hobby yang bernama “ menulis” tersebut ,karena ternyata menulis adalah aktivitas sederhana yang mempunyai banyak manfaat, berbagai riset telah menunjukkan bahwa menulis memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia , diantaranya :


1.Mencegah kepikunan.


Menulis erat sekali kaitannya dengan kerja otak. Sebagaimana tubuh membutuhkan olahraga, dan hati butuh ibadah, otak juga butuh olahraga. Dan olahraga otak dengan melatihnya terus berfikir positif. Bagaimana agar otak tetap berfikir positif, diantaranya dengan membiasakan menulis, mengungkapkan apa yang terpikirkan lewat tulisan.


dengan kebiasan inilah otak terus bekerja, terlebih jika menulis sebuah tulisan ilmiah, otak akan lebih bekerja lagi dalam mengumpulkan beragam referensi untuk menjadi sebuah tulisan. jika terus demikian. Maka otak tidak akan pikun nantinya, tidak menjadi pelupa di saat tua, karena ibarat pedang, semakin sering diasah dan digunakan, ia semakin baik dan tajam, begitu pula dengan otak kita.


2.Instrumen perekam jejak sejarah.



Menulis adalah satu dari sekian banyak instrumen perekam jejak sejarah, dan wasilah ini yang paling banyak tersebar dan mudah di dapat, kita mengenal kehidupan para nabi, ulama salaf, orang-orang besar, asal usul suatu negeri, dan yang lainnya adalah lewat tulisan. Jika Kita hendak merekam sesuatu, cukuplah tuangkan lewat tulisan. Inilah cara klasik yang takkan pernah tergantikan oleh apa pun, menulis dan tulisan akan selalu ada dan akan tetap ada.



3. Instrumen untuk menjaga ilmu, pendapat, pemikiran, opini, dan argument dari keraiban, dan untuk menyebarkannya secara lebih luas.


Sudah hal maklum bahwa kekuatan otak mengingat sesuatu sangatlah terbatas, dan satu-satunya jalan mengabadikan apa yang pernah terpikiran, terlebih sebuah ilmu yang bermanfaat bagi yang lain adalah lewat menulis, sampai manusia-manusia super jenius pun tak melewatkan hal ini, semisal imam bukhori, imam muslim, imam ahmad, imam malik, ibnu hajar, imam thobari dan yang lainnya.

  
mereka tak cukup hanya mengandalkan kekuatan hafalan dan ingatan dalam menebarkan ilmunya, tapi diperkuat lagi lewat tulisan. Dan mereka sangat paham, mengandalkan hafalan dan ingatan hanya terbatas pada usianya, dan di saat usia berakhir. berakhir pula manfaat ilmu yang selama ini dimilikinya.


Adapun tulisan akan terus memberikan manfaat yang lain sampai bergenerasi banyaknya meski sang penulis sudah lama tiada terkubur dalam tanah. Tulisan ini ibarat dirinya masih hidup, terus menjadi guru dan bisa menebarkan ilmunya pada yang lain.



4. Menulis akan membuat hidup produktif dan waktu tak terbuang sia-sia


Banyak orang beranggap menulis membosankan, hidup tak berseni dan hanya milik mereka yang suka menyendiri. Ini adalah anggapan yang keliru dan sangat keliru sekali. Hanya mereka para pemalas, orang-orang bodoh, para pengglamor dunia, dan orang gila atau tergila-gila yang beropini dan beranggap bodoh seperti itu.



Justru dengan menulis membuat hidup lebih produktif, waktu lebih bermanfaat tak terbuang sia-sia. Dengan menulis wawasan terus bertambah, detik-detik hayatnya terisi sesuatu yang bermanfaat bagi diri maupun orang lain, langkah dan akivitasnya tak kan terbuang ke perkara yang tiada manfaat sama sekali


 
5. Menulis akan menghasilkan ide-ide baru


Dengan menulis seseorang akan berfikir dan terus berusaha mengembangakan pemahamannya dan kemampuan dirinya. motivasi inilah yang akan mendobrak dirinya menemukan ide-ide baru, karena di saat ia terjun dalam dunia tulis menulis, dirinya terus tertantang membuat gebrakan baru untuk menelurkan ide-ide dan gagasan teranyarnya.



Ide-ide baru hanya terhasilkan dari mereka para pemikir yang aktif, terus belajar dan bekerja keras mengembangkan kemampuan berfikirnya. dan dengan jalan menulis inilah ide-ide anyar itu akan terus bermunculan dan tersebarkan.



Oleh karena itu, berusahalah menulis apa yang terpikirkan, apa yang terlihat, apa yang terdengar, apa yang terasakan, apa yang terbaca, dan terbagikan dari orang lain. karena besar itu tiada tanpa adanya yang kecil, dan tingginya gunung bermula dari tumpukan pasir dan kerikil-kerikil, dan hamparan sahara adalah kumpulan pasir-pasir, dan bentangan sabana yang hijau adalah gabungan rerumputan yang indah. Begitu juga sebuah ide atau gagasan, ia akan terus ada dan terkembangkan, dan ide yang besar pasti terawali oleh ide yang kecil.



dan ide yang sepektakuler pasti tertumbuh dari ide yang biasa-biasa sebelumnya. semua terkaitkan dan tak terpisahkan, hanya kemalasan, sombong dan keengganan lah yang menjadikan ide-ide jumud, beku dan tak teranyarkan. menulislah, dan ide-ide baru pasti akan terus bermunculan di benak kalian, menulislah, dan ide-ide baru pasti akan mengantri untuk tertuliskan.



dengan begitu banyaknya manfaat menulis , saya merasa sangat beruntung memiliki hobby menulis , sebuah hobby yang berawal dari mencoba , bagi saya menulis adalah aktivitas yang menyenangkan , merangkai berbagai kata kemudian menggabungkan kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat yang enak di baca adalah seni tersendiri , yang menghasilkan kepuasan batin dan kebahagiaan yang tidak dapat di lukiskan dengan kata-kata.



kehidupan kembali memberi pelajaran  bahwa sebuah kebahagian  itu sejatinya memang harus di cari dan di temukan ,bukan untuk di tunggu ,karena kebahagiaan tidak akan pernah datang dengan sendirinya tanpa berusaha dan mencoba , setiap manusia berhak untuk merasakan kebahagiaan di dalam hidupnya , maka carilah , temukanlah dan perolehlah sebanyak banyak kebahagiaan dalam kehidupan anda.



menulis adalah salah satu kebahagiaan dalam kehidupan saya yang saya temukan dari mencoba dan mungkin tidak akan pernah saya temukan seandainya saya tidak pernah mencobanya , saran saya jangan pernah ragu untuk mencoba sesuatu hal , karena mungkin sesuatu hal itu adalah sumber kebahagiaan dalam kehidupan anda.



akhir sekali saya ingin mengucapkan selamat tahun baru 2016 , semoga di tahun 2016 ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dalam segala hal dan semoga harapan-harapan kita yang belum tercapai di tahun 2015 lalu bisa tercapai di tahun 2016 ini.




"KEBAHAGIAAN ITU IBARAT SEBUAH HARTA KARUN , KITA AKAN DAPAT MERASAKAN SERTA MENIKMATINYA KALAU KITA MAU MENCARI SERTA MENEMUKANNYA"









SELESAI….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar