Kamis, 21 September 2017

HIDUP SEPERTI ATLET BERPRESTASI


Bagaimanakah karakter ideal yang seharusnya dimiliki oleh seseorang dalam menjalani kehidupan yang keras ini ?? , Jika pertanyaan tersebut di ajukan kepada saya , maka saya akan menjawab , hiduplah seperti halnya karakter seorang atlet berprestasi.

Mengapa saya memberikan contoh karakter seorang atlet berprestasi dalam kaitan dengan karakter ideal yang seharusnya dimiliki oleh seseorang dalam menjalani hidup , jawabannya sederhana saja , karena atlet berprestasi pasti memiliki etos kerja yang tinggi dan konsisten dalam menjalani karirnya , sehingga etos tersebut tentunya memiliki nilai-nilai hidup yang positif yang kemudian dapat di implementasikan pada karakter seseorang dalam menjalani kehidupannya.

Etos seperti kerja keras , cermat dan penuh perhitungan , pantang menyerah , disiplin tinggi , berjiwa sportif  , bermental juara dan berorientasi prestasi tentunya dimiliki oleh para atlet berprestasi , karena tanpa etos-etos seperti itu , sangat mustahil seorang atlet akan mampu bersaing dalam kompetisi yang keras dan akhirnya menghasilkan sebuah prestasi.

Seorang atlet yang tidak memiliki etos kerja keras , mudah menyerah , kurang disiplin , tidak berjiwa sportif , tidak memiliki mental juara dan tidak berorientasi pada prestasi , niscaya akan tergilas dengan atlet-atlet yang lain.

Seorang atlet berprestasi entah dalam tingkat nasional , lebih-lebih tingkat internasional , pasti di dalam hidupnya penuh dengan etos kerja seperti di atas , bekerja keras dengan spartan , berdisplin tinggi , pantang menyerah , bermental juara , cermat dan penuh perhitungan serta selalu berorientasi pada prestasi.

Lihatlah bagaimana megabintang sepakbola Cristiano Ronaldo dalam menjalani karir sepakbolanya , lihat juga Michael phelp sang perenang dengan koleksi medali emas terbanyak olimpiade dalam menjaga karirnya atau para atlet bulutangkis nasional kita yang berprestasi yang tentu tidak bisa lepas dari etos kerja seperti di atas , sehingga akhirnya membuat mereka berhasil memenangkan persaingan untuk dapat menjadi yang terbaik.

Terkadang kita lupa bahwasanya hidup ini adalah sebuah kompetisi , untuk mendapatkan , mencapai atau meraih sesuatu maka kita harus mampu memenangkan persaingan dengan yang lain , bukankah itu sebuah kompetisi ??

Saat kita sekolah kita sudah mulai berkompetisi yaitu dengan bersaing mendapatkan ranking di kelas , kemudian di saat kita mau mencari pekerjaan kita juga harus bersaing dengan yang lain agar dapat mendapatkan pekerjaan itu , di saat kita sudah bekerja maka untuk naik jabatan kita juga harus berkompetisi dengan rekan kerja kita yang lain , bahkan untuk mendapatkan seseorang yang kita cintai pun terkadang kita juga harus bersaing dengan para pesaing kita.

Hidup adalah sebuah kompetisi yang sesungguhnya dimana kompetensi diri kita menjadi penentu akankah diri kita mampu memenangkan kompetisi itu atau tidak.

Karena hidup adalah sebuah kompetisi , maka menjadi sangat penting bagi kita untuk memiliki atau membekali diri kita dengan etos-etos kerja positif layaknya seorang atlet berprestasi dalam menjalani karirnya , karena pada hakekatnya manusia secara umum tidak akan pernah lepas dari namanya kompetisi.

Maka dari itu , menjadi sangat logis apabila contoh karakter ideal yang seharusnya dimiliki oleh seseorang dalam menjalani kehidupan yang keras ini adalah karakter seseorang atlet berprestasi , dimana atlet berprestasi pasti memiliki etos-etos kerja positif yang pada akhirnya membuat mereka berhasil memenangkan persaingan dan menghasilkan prestasi.

Prestasi yang diraih oleh seorang atlet pasti di lalui dengan penuh perjuangan dan pengorbanan serta tidak mungkin di dapat dengan cara instan. sama halnya dengan keberhasilan bagi seseorang yang pastinya juga harus di lalui dengan penuh perjuangan dan pengorbanan , serta tidak bisa diraih dengan cara instan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar