Selasa, 24 November 2015

HITAM-PUTIH



Akhir bulan november tahun 2004 sekitar pukul 20.30


Sesosok anak kecil tengah asyik menonton sebuah tayangan televisi dengan posisi duduk bersila , dengan raut wajah yang cukup serius ,anak kecil tersebut hampir tak pernah mengedipkan matanya ketika melihat tayangan televisi tersebut, kemudian datanglah ibu dari si anak tersebut ,sang ibu berkata : “nang ndang bobok sesok sekolah lho” (nak cepat tidur besok sekolah lho) , akan tetapi anak tersebut sama sekali tidak menggubris omongan dari ibunya tersebut ,sambil acuh tak acuh ,anak tersebut berkata : “sik buk ,ono band sangar ,vokalis e tatonan og” (bentar buk , ada band hebat ,vokalisnya tato an).


Singkat cerita , ternyata  anak tersebut sedang melihat tayangan konser musik dari salah satu band paling terkenal di negeri ini , band yang di tonton si anak tersebut malam itu membawakan 3 lagu hits nya , yang berjudul “virus” ,”terlalu manis” dan “tong kosong” malam itu band tersebut menyanyikan lagu-lagu  tersebut dengan sangat enerjik dan menggebu-gebu, dan anda tentu sudah bisa menebak , band apa yang sedang lihat oleh anak kecil tersebut ??? ,slank yaa slank , malam itu anak kecil tersebut sedang melihat konser band slank yang sedang menghibur para penonton di sebuah acara penghargaan musik yang di tayangkan di salah satu stasiun televisi swasta negeri ini , dan vokalis bertatto yang di maksud oleh anak kecil tersebut tentu saja adalah kaka (vokalis band slank).


Setelah menyanyikan 3 lagu hits nya , kaka sang vokalis dari slank menyampaikan sebuah kata-kata yang pada akhirnya nanti menjadi sebuah kata-kata yang selalu di jadikan pedoman oleh anak kecil tersebut dalam menjalani kehidupan , kata-katanya demikian : “sebagai anak muda kita boleh saja bandel dan nakal tapi jangan pernah berani kepada ibu kita karena beliaulah yang membuat kita bisa berada di dunia ini ,sebagai anak muda kita boleh saja bandel dan nakal tapi kita juga harus punya kemampuan dan sebagai anak muda kita boleh saja bandel dan nakal tapi kita juga harus punya sikap dan prinsip”


Sejak malam itu , anak kecil tersebut telah mempunyai sesosok idola di dalam hidupnya yaitu sebuah band rock lokal bernama “SLANK” , band yang di sukai nya karena penampilan yang terkesan liar dari sang vokalis (bertato dan gondrong) serta karena kata-kata dari sang vokalis yang menusuk relung hati si anak kecil tersebut.


Lantas siapakah nama dari anak kecil tersebut ??? anak kecil tersebut bernama PRADIKTA ANDI ALVAT , ya anak kecil yang saya maksud di atas adalah saya sendiri , dan mengapa saya menulis ilustrasi dari momen pertama kali saya menyukai slank ?? karena malam ini saya ingin menuliskan beberapa kisah yang menunjukkan betapa dalam kehidupan saya , saya memiliki 2 sisi kehidupan yang cukup unik , di suatu sisi saya adalah sosok lelaki yang bandel dan nakal akan tetapi di sisi lain saya juga adalah lelaki yang memiliki sikap dan pinsip dalam menjalani kehidupan ,seperti apa yang dikatakan oleh kaka slank di atas.


Bila saya ibaratkan karakter saya seperti genre musik , maka karakter saya di luar adalah seperti genre musik blues slank dengan karakter yang sedikit liar , menentang arus dan apa adanya sedangkan karakter yang ada di dalam diri saya ibarat genre musik hiphop dimana penuh dengan ambisi,berapi-api dan menggebu-gebu dalam menjalani hidup dan mengejar mimpi.


Maka jika anda hanya melihat sosok saya hanya dari sekilas saja , maka saya yakin anda akan berpendapat bahwa saya adalah laki-laki yang nakal , bandel dan tidak mempunyai tujuan hidup , akan tetapi jika anda mau mengenali diri saya secara lebih dalam , maka sejujurnya saya adalah pribadi yang penuh ambisi dalam menjalani hidup dan mengejar mimpi-mimpi saya.


Saya selalu mempunyai prinsip , walau saya bandel ,nakal dan susah di atur tetapi saya juga harus memiliki kemampuan , walau saya bandel , nakal dan susah diatur tetapi kenakalan dan kebandelan saya tersebut jangan sampai  menghalangi saya dalam meraih mimpi dan cita-cita saya, jangan merugikan orang lain serta jangan sampai membuat malu kedua orang tua saya , dan berikut akan saya ceritakan beberapa kisah kebandelan ,kesusah diatur an dan kenakalan saya (namun tetap bertanggung jawab) selama di bangku sekolah hehehe


Suatu hari , saat saya masih duduk di kelas 6 sekolah dasar , saya ingat betul pagi itu akan dilaksanakan ulangan harian ips , tepat pukul 07.00 pagi semua siswa telah duduk di tempat duduk masing-masing , ibu guru saya yaitu bu tim  juga telah berada di dalam kelas , kemudian saat bu tim mulai membacakan soal ulangan , dengan santai nya saat itu saya baru memasuki kelas (dengan gaya bak jagoan hehe) ,tanpa mengucapkan salam terlebih dahulu.


kemudian saya di tegur oleh bu tim (guru kelas saya) : “dik kamu kok seenakmu sendiri , sudah telat ,seragam juga keluar  ,masuk pun tanpa memberi salam ,mau jadi apa kamu? Cepat keluar kembali lalu beri salam , baru kamu boleh ikut ulangan hari ini” , kemudian saya membalas perkataan guru saya tersebut : “kalau saya nggak mau , gimana bu??” , “kalau kamu nggak mau ya kamu nggak boleh ikut ulangan hari ini ,kamu akan ikut ulangan susulan dengan soal yang lebih sulit !!!” timpal guru saya ,lalu saya membalasnya lagi dengan santai : “okelah bu , aku pulang saja , aku ikut ulangan susulan besok saja” ,”yaudah sana pulang , kamu saya anggap bolos hari ini ,silahkan keluar” (dengan nada yang tinggi) balas ibu guru saya , “oke” jawab saya lagi , saya pun pagi itu langsung pulang kerumah.


Sesampai di rumah , taukah apa yang saya lakukan  , menonton televisi? , maen Nintendo?? Atau tidur??? Tidak ketiganya kawan , sesampai di rumah saat itu saya langsung belajar mati-matian agar bisa mendapatkan nilai ulangan tertinggi besok (ulangan susulan ips) , apalagi kata guru saya ,soal ulangan susulan ips saya besok lebih sulit dari ulangan ips yang saat ini dikerjakan oleh teman-teman saya, Sehingga hal tersebut menumbuhkan semangat dan motivasi yang membara dalam diri saya untuk mendapatkan nilai yang tertinggi di kelas , karena apabila besok saya mendapat nilai yang buruk , maka sudah tentu saya akan di caci habis-habis an oleh guru saya tersebut ,”sudah nakal goblok pula” saya yakin kata tersebut akan di ucapkan oleh guru saya kepada diri saya esok seandainya saya mendapat nilai yang buruk.


Besoknya , saya sengaja masuk sekolah lebih awal , kemudian saya menemui guru saya di ruang guru ,saya berbicara kepada beliau , kapan sedianya ulangan susulan ips saya dapat saya dilaksanakan , dan beliau berkata bahwa ulangan susulan ips saya , akan dilaksanakan pada jam istirahat pertama , dengan waktu 30 menit saja ,(teman-teman saya di kasih alokasi waktu 60 menit) ,”sudah siap kamu ,soalnya sulit lho” kata guru saya dengan senyum sedikit sinis, “siap bu” jawab saya singkat.


Singkat cerita , ulangan susulan ips saya pun dilaksanakan , saat itu hanya ada saya dan guru saya saja di dalam kelas (karena teman-teman saya sedang menikmati waktu istirahat diluar kelas) ,soal ulangan susulan tersebut berjumlah 15 biji soal ,10 esay dan 5 pilihan ganda , saat saya mengerjakan soal tersebut guru saya juga sedang mengkoreksi kerjaan ulangan dari teman-teman saya , saya ingat betul beliau sempat berkata : “hhm dik ,nilai tertinggi di dapat oleh torika dengan nilai 9,3, kamu kira-kira bisa dapat nilai berapa”


alhasil hanya butuh waktu 20 menit saja bagi  saya untuk dapat menyelesaikan soal ulangan susulan tersebut , karena saya sudah belajar mati-mati an sebelumnya ,soal yang katanya sulit oleh guru saya itupun menjadi terasa sangat mudah bagi saya hehehe (apalagi ips adalah pelajaran favorit saya) dan saya sangat yakin bahwa soal yang saya kerjakan tersebut benar semua.


Dengan sangat percaya diri waktu itu saya berkata “koreksi sekarang langsung saja bu , masih ada waktu 10 menit kan , saya ingin melihat nilai ulangan saya” , “iya” jawab guru saya , dan setelah selesai mengkoreksi ulangan saya  , wajah ibu guru saya terlihat sangat heran , secara refleks saya pun langsung bertanya : “bagaimana bu nilai ulangan saya , jelek ya??” ,”kamu dapat nilai 100” jawab guru saya lirih , setelah mendengar jawaban guru saya tersebut saya pun tersenyum sumringah dangan penuh kebanggaan hahahaa , saya pun kemudian meminta maaf kepada ibu guru saya atas kelakuan saya kemarin dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.


Kemudian pada masa smp (kelas 9) ,saya ingat betul hari itu adalah hari jum’at maka seperti biasa akan di adakan les bahasa inggris bagi seluruh siswa  kelas 9 untuk mempersiapkan ujian nasional smp yang akan di gelar beberapa bulan lagi , maka sehabis melaksanakan sholat jum’at , saya pun langsung memacu motor kharisma bapak saya menuju smp saya (smpn 1 sulang).


sebenarnya saya mengikuti les bahasa inggris hari ini karena sebuah keterpaksaan , yaitu karena teguran dari wali kelas saya yang sekaligus pengajar mata pelajaran bahasa inggris itu sendiri yaitu bu nunung ,saya di tegur karena setiap les bahasa inggris di gelar , saya adalah satu-satunya siswa yang tidak pernah mengikutinya , alasan saya tidak mengikuti les bahasa inggris di sekolah waktu itu adalah karena saya menganggap les bahasa inggris di sekolah percuma (karena saya sudah les privat bahasa inggris sendiri) dan yang kedua yaitu karena saya malas , karena les bahasa inggris biasanya di laksanakan sehabis sholat jumat dan sehabis sholat jumat saya lebih memilih untuk maen playstation di desa saya dari pada harus pergi ke sekolah untuk mengikuti les bahasa inggris.


Sesampai di sekolah, dengan menggunakan kaos oblong warna hijau dan celana pendek berwarna coklat , saya pun dengan percaya diri memasuki ruang kelas saya (tujuan saya menggunakan kaos oblong dan celana pendek pada saat itu adalah agar saat saya memasuki kelas nanti , saya langsung di usir oleh bu nunung dan tidak mengikuti les bahasa inggris hari itu hehehe ) maka sesuai prediksi saya , saat saya memasuki kelas sayapun langsung di usir oleh bu nunung , waktu itu bu nunung berkata dengan nada tinggi : “kamu ini niat les apa nggak , ke sekolah kok pakai kaos sama celana pendek ,kamu mau ngarit po??? Malu-malu in Pulang sana!!!” (pada waktu itu semua teman-teman saya menggunakan seragam pramuka ) mendengar perkataan bu nunung tersebut saya pun sangat gembira karena saya tidak mengikuti les hari ini dan bisa segera pulang hahaha.


Akan tetapi meskipun saya tidak pernah mengikuti les bahasa inggris disekolah di luar itu saya sangat rajin mengikuti les bahasa inggris privat di guru privat saya , bu khayati (guru smpn bulu) dan setiap malam saya selalu belajar soal-soal ujian nasional dari tahun-tahun sebelumnya (di semua mata pelajaran baik ipa,bahasa Indonesia , matematika dan bahasa inggris), alhasil saat nilai ujian nasional  di umumkan ,saya adalah peraih nilai ujian nasional tertinggi di kelas saya , nem (nilai ujian nasional) saya dari empat mata pelajaran saat itu berjumlah 33,80 dan nilai bahasa inggris saya pada waktu itu adalah 88 (tertinggi di kelas saya).


Pada masa sma , saya sangat gemar maen judi , yaitu judi maen bola di playstation (ps) , saya biasanya taruhan (berjudi)  dengan teman-teman saya , yaitu setiap satu gol di nilai dengan uang seribu dan setiap kemenangan di nilai dengan uang 10 ribu , artinya bila pada suatu pertandingan saya kalah dengan skor 2-0 , berarti saya harus membayar uang total sebesar 12 ribu.


Pada suatu malam , saya ingat betul bahwa ,besoknya ada ujian tengah semester kimia dan sejarah , dan malam itu saya di tantang oleh salah satu teman saya untuk maen judi bola playstation ,karena saya sangat gemar berjudi pada waktu itu alhasil saya pun menerima tantangan dari teman saya tersebut , kami maen judi bola di playstation tersebut dari jam 8 malam sampai jam 12 malam , waktu itu saya hanya menang 24 ribu saja ,dan setelah maen ps saya pun langsung pulang kerumah. .


sesampai di rumah pasti anda berpikir saya akan langsung tidur bukan??? , anda salah , sesampai di rumah sekitar pukul 12.30 saya pun langsung menghabisi materi dari 2 mata pelajaran yang akan di ujikan besok pagi yaitu kimia dan sejarah , saya belajar dari pukul 12.30 sampai pukul 05.00 pagi ,karena sudah belajar pada dini hari itu (12.30-05.00) maka pada ujian pagi harinya saya pun bisa mengerjakan soal-soal ujian tengah semester pada mata pelajaran kimia dan sejarah dengan cukup lancar dan saat pengumuman nilai UTS , nilai kimia saya adalah yang tertinggi di kelas saya yaitu 89 dan nilai mata pelajaran sejarah saya tertinggi nomor dua di kelas saya yaitu 92.


Dari cerita cerita tersebut menunjukkan bahwa di dalam diri saya mengalir dua sisi kepribadian yang bertolak belakang yaitu sisi positif (tanggung jawab) dan sisi negative (susah diatur dan nakal) dan setiap manusia  tentu saja memiliki sisi positif dan sisi negative di dalam dirinya, maka dari itu hal yang terpenting adalah kontrol diri, agar hal – hal negative yang ada di dalam diri kita jangan sampai menghambat kita dalam meraih mimpi dan tujuan hidup kita dan agar sisi positive di dalam diri kita dapat kita maksimalkan untuk mendukung kita dalam meraih mimpi dan tujuan hidup kita.


masa tersulit dari seorang manusia untuk mengontrol dirinya adalah masa muda (15-25 tahun) karena dimasa itu emosi dari seorang manusia masih  sangat labil , sehingga masih sangat mudah untuk di masuki oleh pengaruh baik maupun buruk dari luar dirinya.ada pepatah yang berkata demikian “bila anda bisa memenangkan masa muda anda , maka masa depan sudah ada dalam genggaman anda” maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengkontrol masa muda kita (mendekati hal positif dan menjauhi hal negatif) , agar masa depan kian dekat dalam genggaman kita.


saya adalah pibadi yang mempunyai banyak mimpi dan angan di dalam hidup ini ,  mimpi dan angan  tersebutlah yang menjadi kontrol diri saya dari hal-hal negative dalam kehidupan ini , karena dengan mimpi dan angan tersebut membuat saya menghetahui kiranya mana hal-hal yang pantas saya lakukan dan kiranya mana hal-hal yang harus saya hindari dan saya tinggalkan.


saya sangat menghindari hal-hal negative yang dapat menghambat saya dalam meraih mimpi dan angan hidup saya dan saya sangat suka menggauli hal-hal positif yang dapat mendukung saya dalam meraih mimpi dan angan hidup saya , sesederhana itu saja.



karena



Setiap orang pasti memiliki sisi positif dan sisi negative yang bersemayam di dalam dirinya , begitupun juga dengan saya , anda ataupun mereka , hal yang terpenting adalah sisi negative yang ada di dalam diri kita jangan sampai menjadi sebuah penghalang bagi kita dalam meraih mimpi dan tujuan hidup kita , selain itu kita juga harus senantiasa berusaha untuk mereduksi dan meminimalisir sisi negatif tersebut dari waktu ke waktu.



SAYA PRADIKTA ANDI ALVAT , CERITA DI ATAS ADALAH GAMBARAN DARI SISI HITAM DAN SISI PUTIH YANG ADA DI DALAM DIRI SAYA ,SEBAGAI MANUSIA SAYA MEMANG TAK KAN PERNAH BISA MENGHILANGKAN SISI HITAM DALAM DIRI SAYA SELURUHNYA , AKAN TETAPI SAYA AKAN SELALU BERUSAHA AGAR SISI HITAM TERSEBUT JANGAN SAMPAI MELUNTURKAN SISI PUTIH DALAM DIRI SAYA.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar