Kamis, 19 Mei 2016

HARI KEBANGKITAN NASIONAL MOMENTUM BANGKITNYA PERSEPAKBOLAAN NASIONAL



Sebagaimana kita ketahui bersama setiap tanggal 20 mei di negara kita diperingati sebagai hari kebangkitan nasional , sebuah tanggal yang diambil dari berdirinya organisasi pergerakan nasional pertama di indonesia yaitu budi utomo , organisasi budi utomo berdiri pada tanggal 20 mei 1908 yang menjadi tonggak permulaan pergerakan serta kebangkitan nasional di indonesia.


Kebangkitan nasional adalah masa dimana bangkitnya rasa nasionalisme dan semangat persatuan , kesatuan serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan indonesia yang sebelumnya tidak pernah muncul selama masa penjajahan , dimasa ini muncul sekelompok masyarakat indonesia yang menginginkan adanya perubahan untuk melawan penjajahan dan penindasan.


Maka dibentuklah sebuah organisasi pergerakan bernama budi utomo yang dapat menjadi wadah bagi para masyarakat indonesia untuk memupuk rasa persatuan , kesatuan dan memajukan bangsanya utamanya lewat bidang ekonomi , sosial , pendidikan dan kebudayaan.


Budi utomo didirikan oleh Dr.sutomo dan para mahasiswa stovia diantaranya goenawan mangoenkoesoemo dan soeraji yang digagaskan oleh Dr.wahidin sudirohusodo ,organisasi ini bersifat sosial , pendidikan,ekonomi dan kebudayaan tetapi tidak bersifat politik , Berdirinya budi utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan negara indonesia, walaupun pada awalnya organisasi ini hanya ditujukan bagi golongan orang jawa dan madura.


Setelah berdirinya budi utomo pada tanggal 20 mei 1908 , terdapat perubahan ciri bentuk perjuangan bangsa indonesia dalam mencapai kemerdekaan (yang sebelumnya bersifat kedaerahan dan cenderung menggunakan kekerasan / perang ) , ciri tersebut antara lain :


1.perjuangan dilakukan dengan menggunakan organisasi bukan dengan kekerasan atau perang
2.para pemimpin berasal dari kaum intelektual bukan dari raja atau sultan
3.rasa persatuan dan kebangsaan sudah mulai tumbuh , perjuangan tidak lagi bersifat kedaerahan.


Tujuan utama didirikannya budi utomo adalah untuk menyadarkan dan menjamin kehidupan bangsa indonesia menjadi sebuah bangsa yang terhormat , bangsa terhormat adalah sebuah bangsa yang memiliki derajat yang sama atau sejajar dengan bangsa-bangsa lain (tidak dalam belenggu penjajahan).


20 mei 2016


Awan tebal yang hampir satu tahun menyelimuti dunia persepakbolaan nasional sedikit demi sedikit  mulai perlahan memudar , setelah dicabutnya sanksi FIFA terhadap induk organisasi persepakbolaan nasional indonesia (PSSI)pada tanggal 16 mei 2016.


Sebagaimana diketahui sejak turunnya sanksi FIFA pada tanggal 30 mei 2015 lalu , praktis persepakbolaan indonesia menjadi terasing dengan dunia luar (persepakbolaan internasional) , liga resmi tidak bisa berjalan , tim nasional absen di beberapa even kejuaraan internasional serta makin merosotnya peringkat indonesia di rangking FIFA karena tidak dapat menggelar pertandingan internasional.


Sudah seharusnya pencabutan sanksi FIFA ini  dijadikan momentum bersama bagi kita untuk memupuk rasa persatuan , kesatuan dan nasionalisme kita bersama untuk memajukan dunia persepakbolaan nasional yang saat ini makin terpuruk.


Tanpa kita sadari , salah satu faktor yang menyebabkan kurang berkembangnya kondisi persepakbolaan nasional selama ini adalah karena diri kita kurang memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai sebuah bangsa , seringkali kepentingan nasional di korbankan hanya demi ego pribadi ataupun kepentingan golongan semata.


Konflik yang terjadi selama setahun ini dalam tubuh persepakbolaan nasional telah menjadi contoh nyata dan menunjukan betapa diri kita kurang memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai sebuah bangsa , kita terlalu meletakkan ego pribadi diatas kepentingan bersama , sehingga tujuan kita bersama untuk melihat persepakbolaan indonesia yang maju tidak dapat tercapai.


seperti yang sudah pernah saya sampaikan pada artikel saya (-mengapa suli sekali ??- )  bahwa ” tiada hal yang lebih sulit dari mengesampingkan ego pribadi demi kepentingan bersama “ maka dari itu sudah saatnya bagi kita semua untuk menyingkirkan ego kita masing-masing demi kepentingan bangsa , karena kemajuan suatu bangsa (indonesia) merupakan tanggung jawab kita bersama (seluruh rakyat indonesia)


Begitupun di dalam dunia sepakbola , kemajuan sepakbola nasional merupakan tanggung jawab kita bersama baik pemerintah , pssi , wasit, pemain , pelatih , suporter , pers maupun masyarakat pecinta sepakbola , yang tentu di sesuaikan dengan porsinya masing-masing.



porsi pemerintah adalah membina , mengawasi dan mendukung segala kegiatan persepakbolaan nasional , porsi pssi yaitu menciptakan dan mengambil kebijakan tentang segala hal yang berkaitan dengan dunia persepakbolaan nasional (sistem liga , hak siar , pengembangan timnas , pembinaan usia dini dll ), porsi wasit yaitu memimpin pertandingan dengan seadil-adilnya , jujur serta professional , porsi pemain yaitu bermain dan berikap secara profesional baik di dalam maupun di luar lapangan , porsi suporter yaitu memberikan dukungan secara penuh baik secara moril maupun materil kepada klub kesayangannya dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah yang berlaku (tidak berbuat kerusuhan) , porsi pers yaitu memberikan informasi secara seimbang , merata dan tidak memihak , dan porsi masyarakat yaitu berperan aktif dalam mendukung , mengawasi serta memberikan saran kepada pihak-pihak yang terkait guna kemajuan sepakbola nasional.



sepakbola adalah sebuah sistem  yang didalamnya terdiri dari beberapa elemen (pemerintah , pssi , wasit , pemain , pelatih ,suporter , pers dll ) dimana setiap elemen memegang peranan penting  dalam menciptakan situasi yang ideal di dalam sistem tersebut , saat satu atau beberapa elemen di dalam sistem tersebut tidak “berjalan” sebagaimana mestinya tentu akan sulit tercapainya situasi yang ideal di dalam sistem itu.


sedangkan ketika semua elemen didalam sistem tersebut dapat bekerja sama ,bahu membahu dan berjalan sebagaimana mestinya (dengan tujuan memajukan sepakbola ) maka akan sangat mudah untuk menciptakan suasana yang ideal di dalam sistem itu , suasana ideal dapat terjadi ketika setiap elemen dalam suatu sistem memiliki visi dan tujuan yang sama yaitu untuk memajukan sistem tersebut.


Maka dari itu Sudah saatnya bagi kita untuk bahu membahu ,gotong royong  , bekerja sama membangkitkan kembali kondisi persepakbolaan nasional yang telah mati suri selama satu tahun ini , tidak ada lagi sikap mementingkan ego pribadi diatas kepentingan bersama , tidak ada lagi sikap saling membenci antar golongan , mari kita tunjukkan kepada dunia luar bahwa bangsa indonesia adalah sebuah bangsa yang besar , bangsa yang kuat , kompak , kokoh serta bangsa yang bisa menghargai adanya perbedaan dan kemajemukan.


Mari kita jadikan hari kebangkitan nasional ini sebagai sebuah momentum untuk membangun dan membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan untuk bersama-sama , bahu membahu dalam menciptakan kondisi persepakbolaan nasional yang kondusif , sehingga mampu mendorong terciptanya iklim persepakbolaan yang sehat.


Dengan terciptanya iklim persepakbolaan yang sehat , di harapkan cabang olahraga sepakbola melalui tim nasional indonesia bisa berbicara serta berprestasi di panggung internasional sehingga dapat mengangkat harkat martabat dan kehormatan bangsa serta mampu memberikan sedikit rasa kebanggaan bagi seluruh rakyat indonesia.


sebuah rasa kebanggaan yang sudah sangat lama tidak pernah lagi kita rasakan dan kita dapatkan dari cabang olah raga bernama sepakbola (melalui timnas senior kita) dan apa kita masih cukup sabar menanti lebih lama lagi untuk dapat merasakan rasa kebanggaan itu atau mungkin kita ingin rasa kebanggaan itu segera datang menghinggapi bangsa kita (lewat prestasi persepakbolaan kita) ?? semuanya tergantung pada diri kita sendiri ! dan akhir sekali saya ingin mengucapkan selamat hari kebangkitan nasional bagi seluruh masyarakat , bangsa dan seluruh tumpah darah  indonesia , mari bangkit kawan !!!



seperti hal nya semangat budi utomo yang berusaha mengangkat kehormatan bangsa melalui bidangnya , mari kita bersama sama menyatukan semangat untuk mengangkat  kehormatan bangsa melalui sarana olahraga bernama sepakbola”



Selesai........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar