Minggu, 26 Juli 2015

HOBBY



Hoby adalah segala sesuatu (aktivitas) yang menimbulkan perasaan bahagia bagi orang yang melakukannya atau dalam skala yang lebih kecil sering disebut “kesenangan”, dan setiap orang tentu saja memiliki hoby atau kesenangan tertentu di dalam hidupnya , hoby biasanya di gunakan seseorang untuk membunuh rasa bosan , untuk mengisi waktu luang , untuk berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki hoby yang sama serta untuk merelaksasi diri (sarana hiburan).


Hoby bisa berbentuk  beraneka ragam , misalnya travelling , olah raga ( sepakbola, futsal , berenang dll),membaca,menulis,mengoleksi barang tertentu, menonton film dan lain lain . menurut saya ,seseorang yang memiliki banyak hoby akan dapat meminimalisasi kamungkinan seseorang tersebut  di hinggapi rasa sedih ,stress dan depresi , karena dengan memiliki banyak hoby seseorang  akan mempunyai lebih banyak media atau sarana aktivitas yang dapat membuat perasaan menjadi senang dan bahagia , sehingga rasa sedih , stress dan depresi akan mudah menjauh.


menurut saya seseorang yang mudah terhinggapi rasa sedih, stress dan depresi tak lebih dan tak kurang  karena seseorang tersebut kurang mempunyai media atau sarana yang cukup untuk membuang rasa sedih ataupun permasalahan di dalam hidupnya. Karena Setiap orang di dunia ini tentu saja memiliki permasalahan di dalam hidupnya, dan ketika permasalahan tersebut sudah berada pada titik jenuh maka dapat membuat seseorang itu di landa rasa stress ataupun depresi bila tidak memiliki sarana yang tepat untuk membuang nya (melalui hobby)


dengan memiliki banyak hoby atau kesenangan tentunya membuat makin banyak sarana atau media bagi seseorang untuk mengkonversikan rasa sedih , stress ataupun jenuh yang di alaminya menjadi perasaan bahagia. Dan satu lagi dengan mempunyai banyak hoby juga dapat membuat kita terhindar dari kegiatan – kegiatan negative yang ditimbulkan oleh efek-efek negative dari perkembangan ilmu dan teknologi serta globalisasi , seperti seks bebas , narkoba , minuman keras , serta efek-efek negative lainnya , dengan mempunyai banyak hobby dengan sendirinya kita akan banyak meluangkan waktu kita untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang positif (tergantung apa hobby kita)


Saya sendiri memiliki 3 hoby atau kesenangan di dalam kehidupan saya yaitu menulis , membaca dan futsal , membaca dan menulis mungkin hoby yang agak sedikit kurang “lazim” bagi kalangan anak muda seperti saya ,saya yakin mayoritas anak muda mungkin lebih memilih hoby berupa travelling , nonton film di bioskop ataupun olah raga , namun bagi saya membaca dan menulis adalah aktivitas yang begitu menyenangkan dan saat saya melakukannya akan menimbulkan kepuasan batin yang tidak dapat di jelaskan dengan kata-kata.


Berikut akan saja jelaskan secara detail mengapa saya mempunyai hobby membaca , menulis dan futsal :


1.membaca


Sebagai pribadi saya memang seseorang yang suka membaca entah itu buku atau artikel , bagi saya membaca memiliki banyak manfaat dalam kehidupan , bahkan  ada pepatah berkata : “buku adalah jendela dunia” ,artinya dengan banyak membaca kita akan mempunyai banyak penghetahuan serta wawasan yang luas dan semakin  banyak kita membaca maka kita akan dapat menghetahui berbagai informasi serta seluk beluk dunia ini. Buku atau artikel yang sering saya baca  adalah tentang biografi tokoh pemerintahan , tokoh militer  dan tokoh olah raga selain itu  saya juga sering membaca buku-buku tentang pemerintahan , hukum, sejarah Indonesia maupun penghetahuan umum.


2.menulis


Menulis bagi saya adalah aktivitas yang menyenangkan , merangkai berbagai kata kemudian menggabungkannya menjadi sebuah kalimat yang enak di baca adalah seni tersendiri yang menimbulkan kepuasan batin yang tidak dapat di lukiskan dengan kata-kata , menulis bagi saya mempunyai 2 fungsi , pertama , menulis bagi saya adalah untuk relaksasi diri atau sarana menghilangkan kejenuhan dan yang kedua adalah sebagai sarana untuk membuat semacam rekaman jejak diri atau napak tilas yang berisikan momen-momen yang pernah saya lalui dalam hidup serta pemikiran-pemikiran saya terhadap suatu hal , yang mana tulisan-tulisan saya tersebut tentunya akan menjadi sebuah kenangan di kemudian hari yang bisa saya nikmati sebagai sebuah catatan perjalanan hidup dan hal yang biasa saya tulis adalah tentang pengalaman saya di masa lalu , mimpi saya dimasa depan serta opini dan pendapat saya terhadap suatu hal.


3.futsal


Futsal mungkin satu-satunya hoby yang sedikit “lazim” bagi kalangan anak muda dari ketiga hoby saya ,sejak kecil saya sangat menyukai sepakbola , futsal sendiri adalah bentuk miniature dari sepakbola itu sendiri ,bagi saya futsal sendiri lebih praktis dari pada sepakbola , kita hanya membutuhkan 5 pemain untuk menjadi sebuah tim dan kita tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas untuk memainkannya  dalam futsal sendiri saya sering berposisi sebagai penyerang ,  dengan bermain futsal bersama teman teman , sejenak segala permasalahan dalam hidup saya menjadi hilang , selain itu bermain futsal dapat membuat tubuh kita menjadi sehat.


NB: sebenarnya ada satu lagi hobby atau kesenangan saya , yang tidak saya jelaskan diatas , hobby tersebut tak lain dan tak bukan adalah mendengarkan musik , saya tidak menjelaskannya karena hobby saya tersebut sudah pernah saya tulis dalam artikel saya sebelumnya , yang berjudul "musik bagi saya" .



Bagi saya hobby adalah sebuah obat yang berfungsi menghilangkan rasa jenuh , sedih dan stress serta sebagai alat preventif bagi diri saya dari kegiatan-kegiatan negative yang timbul dari efek-efek negative dari perkembangan ilmu dan teknologi serta globalisasi.




"semakin banyak kita melakukan hal yang kita suka maka semakin jauh pula kita terhindar dari rasa sedih "



SEKIAN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar