Sabtu, 25 Juli 2015

IBARAT SEBUAH PARTAI FINAL



"Jika kita ingin mencium aroma kopi terbaik , maka siramlah dengan air yang mendidih artinya kemampuan terbaik dari seseorang biasanya baru akan keluar ketika orang tersebut tengah berada di dalam situasi atau tekanan yang luar biasa “ itulah salah satu quote yang pernah saya baca dari salah satu tulisan bambang pamungkas , dan quote tersebut saya rasa memiliki kesamaan makna dengan apa yang tengah saya rasakan saat ini.


tahun ini usia saya telah menginjak 20 tahun , dengan usia yang bisa di bilang sudah tidak “bau kencur” lagi ,hal tersebut tentu saja membawa banyak perubahan dalam diri saya , baik secara kepribadian , sikap , pola pikir  maupun tingkah laku , karena prioritas hidup seseorang pasti berubah sesuai dengan berjalannya waktu , dan bagi saya saat inilah detik detik yang menentukan dalam hidup saya , akan menjadi apa saya di masa depan tergantung dengan sikap , pola pikir dan tingkah laku saya saat ini.


dahulu saat saya masih di bangku sekolah ( SD , SMP , SMA ) sejujurnya saya tidak pernah mengeluarkan kemampuan dan potensi yang saya miliki secara 100 % , meskipun prestasi saya saat masa sekolah bisa di bilang lumayan bagus , karena saya selalu bersekolah di sekolah-sekolah terbaik di daerah saya , yaitu sdn landoh , smpn 1 sulang , dan sman 1 rembang dan satu lagi prestasi akademik saya tidak pernah mengecewakan kedua orang tua saya.


Namun sejatinya itu bukanlah kemampuan saya yang sesungguhnya , kemampuan saya yang sesungguhnya masih belum keluar 100%  Hal itu di karenakan dahulu saya hanya mengeluarkan kemampuan dan potensi terbaik saya hanya pada bidang yang sesuai dengan passion saya saja.


dan di bidang yang tidak begitu sesuai dengan passion saya , maka saya akan terkesan kurang sungguh-sungguh dalam menjalani nya. Itulah kelemahan diri saya , yaitu sulit berhadapan dengan sesuatu hal yang tidak sesuai dengan passion saya.


Saat ini saya tengah duduk di bangku kuliah semester 3 , di salah satu universitas swasta di provinsi jawa tengah yaitu universitas islam sultan agung semarang ( UNISSULA) , dan saya menimba ilmu di salah satu fakultas yang bisa di bilang “momok” bagi sebagian besar alumni nya yaitu fakultas hukum , kenapa saya mengatakan “momok” ? karena saya banyak mendengar cerita cerita di luar sana baik dari teman , keluarga maupun masyarakat bahwa mahasiswa dari fakultas hukum banyak yang menjadi pengangguran selepas mereka lulus kuliah.


Cerita di atas mungkin ada benarnya hal itu di karena kan fakultas hukum adalah fakultas yang hampir di miliki oleh semua universitas , baik universitas negeri maupun universitas swasta dan  fakultas hukum adalah salah satu fakultas yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak pada tiap universitas di negeri ini, hal tersebut membuat setiap tahun akan banyak muncul banyak sarjana sarjana hukum baru di negeri ini. Hal itu membuat persaingan di dunia kerja bagi para sarjana hukum akan menjadi semakin ketat  , dan bagi mereka yang kalah dalam bersaing maka akan jadi pengangguran bukan ?


Fakultas hukum sendiri memiliki kelebihan di banding dengan fakultas fakultas lainnya , yaitu lulusan dari fakultas hukum ( sarjana hukum ) akan bisa bekerja di bidang lain selain di bidang hukum misalnya menjadi pegawai bank , bumn ataupun perusahaan , namun sarjana dari fakultas lain tidak akan bisa bekerja di bidang-bidang hukum misalnya menjadi notaris , hakim , pengacara dan lainnya , karena pekerjaan pekerjaan tersebut absolut hanya di peruntukan bagi para sarjana hukum.


saat saya memutuskan keluar dari fakultas perikanan dan ilmu kelautan universitas diponegoro dan kemudian kuliah di fakultas hukum uniissula , banyak dari anggota keluarga saya yang menyayangkan keputusan saya tersebut , tapi saya menghetahui bahwa potensi , kemampuan dan segala sesuatu hal tentang diri seseorang hanya orang itulah yang menghetahuinya dan bagi saya pribadi fakultas hukum adalah fakultas yang sesuai dengan passion saya.


meskipun saya tidak di godok oleh kawah candradimuka hukum terbaik negeri ini namun saya tidak pernah takut untuk bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa fakultas hukum dari universitas lainnya. Dan saya yakin dapat memperoleh kesuksesan serta keberhasilan di bidang hukum ini selama saya mau bekerja keras dalam memaksimalkan potensi yang saya miliki serta di barengi dengan doa.


Karena bagi saya kesuksesan seseorang sejatinya tidak tentukan oleh tempat dimana ia menimba ilmu namun ditentukan oleh seberapa besar kemampuan serta kapabilitas orang tersebut di bidang yang ia tekuni , dimana pun seseorang menimba ilmu selama ia mau bekerja keras dan memaksimalkan potensi yang ia miliki maka kesuksesan tidak akan jauh dari nya , itulah kepercayaan yang saya yakini.


sebagai pribadi saya sendiri sangat menyukai tantangan dan ekspektasi dengan standar yang tinggi , karena hal tersebut membuat saya memiliki motivasi dan gairah yang tinggi dalam menjalani hidup serta memungkinkan saya untuk dapat mengeksplorasi kemampuan serta potensi yang ada di dalam diri saya secara maksimal , maka dari itu sejak pertama kali menginjakkan kaki (menimba ilmu) di fakultas hukum , gelar doktor adalah target utama saya dan target tersebut lah yang sedikit banyak mempengaruhi pola pikir dan karakter saya dalam menjalani kehidupan ini.


kehidupan saya saat ini saya Ibarat kan seperti sebuah klub yang mengikuti suatu tournament sepakbola ,dimana saya telah melewati fase group (SD) , perempatfinal (SMP) , semifinal (SMA) , dan saat ini saya tengah berada di sebuah partai final yang hanya mempunyai 2 kemungkinan yaitu menang atau kalah , untuk itu saya akan mengeluarkan potensi serta kemampuan terbaik yang saya miliki yang selama ini belum saya keluarkan 100 % , untuk dapat memenangkan partai final ini ,  karena sejujurnya saya tidak ingin mengecewakan dukungan supporter sejati saya (keluarga saya )  yang selama ini setia mensuport , memotivasi serta mendukung saya dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang dalam apapun keadaan dan kondisi saya dari fase group hingga tiba di partai final ini. Dan lebih dari itu saya tak ingin mengecewakan diri saya sendiri. lalu apakah saya mampu memenangkan partai final ini?  Kita lihat saja nanti , satu hal yang pasti sebagai pribadi saya selalu optimis !!





"SETELAH BERUSAHA DENGAN KERAS DAN BERDOA SETIAP ORANG BERHAK DAN PANTAS UNTUK MEMILIKI RASA OPTIMIS TERHADAP MIMPINYA KARENA SEJATINYA TIDAK PERNAH ADA HAL YANG MUSTAHIL DI DUNIA INI UNTUK BISA KITA WUJUDKAN"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar