Sabtu, 25 Juli 2015

JUARA 3 LOMBA DOKTER KECIL



Malam ini entah mengapa sulit sekali bagi saya untuk dapat memejamkan mata , jam di dinding kamar saya menunjukkan pukul 23.10 wib , cuaca malam ini yang cukup dingin membuat saya segan keluar dari kamar untuk sekedar menonton televisi atau melakukan aktivitas lain sambil menunggu rasa kantuk datang menghampiri.


saya pun hanya termenung (telentang) di atas ranjang tidur sambil memandangi langit-langit eternit kamar saya yang berwarna putih namun sudah sedikit mulai memudar warna nya , suara derik jangkrik di luar rumah yang bersahutan silih berganti sedikit mengurangi keheningan dan kesunyian malam ini.



Setelah sedikit agak lama memandangi langit-langit eternit kamar saya , terlintas di benak saya untuk melakukan suatu aktivitas sambil menunggu rasa kantuk itu datang tanpa harus membuat saya keluar dari kamar, hmm mengapa saya tidak menulis saja (gumam saya dalam hati) mungkin menulis adalah aktivitas terbaik saat ini yang bisa saya lakukan sambil menunggu rasa kantuk itu datang menghampiri saya  , kemudian saya pun bergegas mengambil laptop kesayangan saya di meja belajar yang letaknya tepat di depan ranjang tidur saya.



sejurus kemudian saya pun memulai memainkan kebolehan jari-jemari saya menari nari di atas keyboard laptop Toshiba kesayangan saya. malam ini saya ingin menceritakan salah satu kenangan saya saat masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) , dimana kenangan tersebut merupakan salah satu kenangan masa sekolah dasar saya yang sangat membekas di hati saya hingga sampai saat ini Dan Berikut adalah ceritanya :



Suatu pagi di Awal bulan mei tahun 2006



Pagi ini seperti biasa sebelum masuk sekolah saya menyempatkan diri untuk sarapan di kantin SD saya yaitu SD landoh 1 , meskipun sebenarnya dari rumah saya sudah sarapan pagi , namun rasanya perut saya masih terasa lapar ketika melihat pecel serta aneka gorengan yang di jajakan di kantin sd saya seperti mendoan  , tahu isi dan bakwan .


Itu artinya setiap hari saya selalu sarapan sebanyak 2 kali yaitu di rumah sebelum berangkat ke sekolah dan saat sebelum masuk sekolah di kantin sd saya.



setelah menyelesaikan sarapan pagi di kantin tidak lama berselang bel tanda masuk berbunyi saya pun bergegas menuju kelas saya yaitu kelas 5 yang gedung nya bersebelahan dengan kantin , setelah semua siswa masuk ke dalam kelas wali kelas saya , ibu winarsih pun memulai pelajaran pagi ini dengan serius karena bu win (sapaan sehari-hari bu winarsih ) memang orang nya serius, disiplin dan sedikit galak hehe namun dengan sikapnya tersebut membuat siswa-siswi di kelas 5 ini menjadi disiplin dan semangat belajarnya tinggi , pagi ini bu win mengajar mata pelajaran matematika.



setelah kurang lebih 2 jam beliau menyampaikan materi pelajaran , bel tanda waktu istirahat pun berbunyi, saat saya mau keluar dari kelas tiba tiba saya di panggil oleh bu winarsih, beliau menyampaikan kepada saya bahwa saya di tunjuk menjadi salah satu dari 3 siswa yang akan maju dalam perlombaan dokter kecil yang akan di gelar 3 minggu lagi , untuk itu saya pun dalam 3 minggu ke depan akan di latih secara intensif oleh guru-guru pembimbing dalam mempersiapkan lomba tersebut.



Mendengar kabar tersebut hati saya pun sangat gembira dan di penuhi rasa semangat untuk memberikan yang terbaik bagi SD saya yaitu SD landoh 1 karena tahun ajaran baru depan sd landoh 1 akan di gabung dengan sd landoh 2 , tentu ini akan menjadi kesempatan terakhir bagi saya untuk memberikan prestasi bagi sd landoh 1 , Setelah bulan lalu kami ( saya , torika dan lia ) hanya berhasil menjadi juara 2 lomba cerdas cermat tingkat kecamatan sulang.



dalam lomba dokter kecil kali ini , posisi torika akan di gantikan oleh faiz adek kelas saya , hal itu dikarenakan torika lebih di fokuskan untuk mengikuti lomba siswa berprestasi , Yang perlombaanya di laksanakan hampir bebarengan dengan lomba dokter kecil ini , tanpa ada torika dalam tim , sedikit banyak tentu akan mengurangi kekuatan , mengingat torika adalah siswa terbaik di SD kami , namun saya tetap yakin pengganti torika yaitu faiz akan mampu memberikan kontribusi yang maksimal dalam perlombaan kali ini , mengingat faiz sendiri  adalah siswi peringkat satu di kelas 4.yang tentu kapasitasnya tidak perlu di ragukan lagi .



Dalam 3 minggu ini , otomatis hari-hari saya di sekolah saya habiskan di ruang perpustakaan , yaitu untuk belajar materi – materi yang akan di perlombakan dalam lomba dokter kecil mendatang , kami bertiga secara intensif di bimbing oleh guru pembimbing kami yaitu bu siti dan pak parman , dan selama 3 minggu itu pula saya tidak bisa ikut bermain sepakbola bersama teman-teman saat jam istirahat tiba ,karena saat-saat seperti itu belajar , belajar dan belajar adalah hal yang harus saya lakukan.



materi-materi  yang saya pelajari untuk menghadapi perlombaan dokter kecil kali ini antara lain tentang enzim , vitamin serta zat-zat makanan , beragam jenis penyakit serta obat nya , bahaya narkoba dan hal-hal lain yang berkaitan dengan dunia kesehatan.



Setelah 3 minggu belajar intensif di bawah pengawasan guru pembimbing , akhirnya tibalah hari yang kami tunggu-tunggu , hari dimana perlombaan dokter kecil itu akan dilaksanakan , segala perjuangan kami selama 3 minggu lalu akan kami pertaruhkan disini.



pagi ini sebelum berangkat menuju sekolah , saya menyempatkan diri untuk menikmati segelas susu dancow sekaligus sarapan pagi bersama kedua orang tua saya , pagi ini ibu saya memasak salah satu menu favorit saya yaitu capcay goreng , dengan lahapnya saya pun menyikat habis menu sarapan yang di sediakan oleh ibu saya tersebut hehehe , setelah menyelesaikan sarapan , saya pun meminta doa restu kepada kedua orang tua saya , agar dalam lomba nanti saya dan teman-teman diberi kelancaran , kemudahan serta kemenangan.



pagi ini kami bertiga akan berangkat menuju aula kecamatan sulang yaitu tempat pelaksanaan lomba dokter kecil tepat pukul 07.00 wib , (lomba sendiri akan dimulai pukul 08.00 wib) sebelum berangkat , kami sempat berdoa bersama terlebih dahulu di sekolah kami.



setelah selesai berdoa bapak dan ibu guru memberi kami segelas minuman air putih yang katanya sudah di beri doa oleh “orang pintar” dari dukuh donglawa agar dalam lomba nanti kami di beri kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal-soal kata salah seorang guru , dengan segera kami bertiga pun meminum air putih tersebut.


meskipun dalam keyakinan saya air putih tersebut tidak mempunyai kekuatan apapun dalam menentukan hasil perlombaan nanti , (karena hanya tuhan lah yang berhak menentukan) , namun seyogya nya saya pun menghormati apa yang di anjurkan oleh ibu dan bapak guru , setelah meminum air putih tersebut kami pun berangkat menuju aula kecamatan sulang (tempat berlangsungnya lomba) dengan menggunakan motor , saya ingat betul waktu itu saya di boncengin oleh pak parman



Setelah sampai di aula kecamatan sulang , seluruh peserta lomba dokter kecil (termasuk kami) pun mengikuti apel pembukaan , lomba dokter kecil ini sendiri di ikuti oleh kurang lebih 38 sekolah dasar dari 20 desa yang ada di kecamatan sulang. Setelah apel selesai , para peserta pun segera memasuki ruangan dan babak penyisihan pun di mulai untuk mengambil 6 sd terbaik yang nantinya akan melaju ke babak final.



Soal – soal di babak penyisihan ini sendiri terdiri dari pilihan ganda dan soal esay yang berjumlah 100 soal dengan alokasi waktu untuk mengerjakannya selama 2 jam dan setelah mengerjakan 100 soal selama waktu 2 jam , babak penyisihan ini pun selesai dan sd kami yaitu sd landoh 1 termasuk dalam 6 besar sekolah dasar ( sd ) peraih skor tertinggi  yang berhak melaju ke babak final , sd landoh 2 pun ikut masuk ke babak final ini bersama sd sulang 1 , sd sulang 2 , sd kemadu 1 , (satunya lagi saya lupa).



Di babak final kali ini  siapa yang cepat mengetuk palu di meja maka dia  yang akan dapat menjawab soal tersebut terlebih dahulu , di babak final ini ada 20 soal yang akan di perebutkan untuk di jawab oleh para peserta babak final , bagi yang benar menjawab akan mendapat tambahan poin dan yang salah akan menerima pengurangan poin , sehingga dalam menjawab soal kami harus cepat dan cermat.



satu persatu soal pun mulai di bacakan oleh panitia , masing-masing tim pun silih berganti menjawab soal-soal tersebut dengan sangat antusias , bahkan terkadang ada tim yang di hukum tidak boleh menjawab pertanyaan , karena sudah terlebih dahulu mengetuk palu sebelum soal selesai di bacakan , pada babak final ini kami berhasil menjawab 6 pertanyaan , dengan rincian 4 pertanyaan dijawab dengan benar dan 2 pertanyaan dijawab salah.



setelah 20 soal selesai di bacakan , seluruh poin dari babak penyisihan dan poin dari babak final di akumulasi kan dan akan di ambil juara 1 , 2 dan 3 , saat pengumuman juara tersebut sejujurnya hati saya sedikit deg-deg an , saya takut apabila sd kami kalah dengan sd landoh 2 yang notabene adalah rival sd kami,  pada tahun ajaran depan kami dan mereka akan di gabung menjadi sd landoh , tentu hal tersebut akan menjadi Sebuah kenangan pahit apabila sd landoh 1 kalah dengan dengan sd landoh 2 , karena pada lomba-lomba sebelumnya kami selalu lebih dominan dari sd landoh 2.



Dari hasil lomba dokter kecil kali ini , peringkat satu di raih oleh sd sulang 2 , peringkat dua di raih oleh sd sulang 1 dan peringkat tiga di raih oleh kami ( sd landoh 1 ) , sedangkan sd landoh 2 sendiri harus puas hanya menjadi juru kunci ( peringkat ke 6 atau terakhir) di babak final ini.



meskipun gagal menjadi juara satu namun kami tidak begitu kecewa dengan hasil tersebut , lantaran kami sudah berusaha mengeluarkan kemampuan terbaik yang kami miliki masing-masing dan satu hal lagi yang membuat kami tidak begitu kecewa dengan hasil tersebut yaitu karena kami tetap lebih dominan dari sd landoh 2 hehehe.



Dan lomba dokter kecil ini adalah lomba akademik terakhir saya  selama saya duduk di bangku sekolah , karena pada waktu smp dan sma saya tidak pernah lagi mengikuti lomba-lomba akademik.
Dan menjadi juara 3 lomba dokter kecil  it,s too sweet to forget




Tidak ada komentar:

Posting Komentar