Rabu, 05 Agustus 2015

"AMBISIUS" LEBIH BAIK DARI PADA TIDAK MEMILIKI AMBISI



“saya pribadi yang selalu mempunyai ekspekstasi dengan standar yang tinggi terhadap apapun , karena dengan ekspektasi yang tinggi maka saya juga akan mempunyai motivasi yang tinggi pula dalam menjalani hidup -bermimpilah setinggi langit , bila kau jatuh ,kau akan tetap jatuh di antara bintang bintang”


Kalimat di atas adalah motto saya dalam menjalani hidup yang tercantum dalam bio di blog pribadi saya , oleh karena itu sebagai pribadi saya sendiri sangat menyukai tantangan dan ekspektasi dengan standar yang tinggi , karena hal tersebut membuat saya memiliki motivasi dan gairah yang tinggi dalam menjalani hidup dan memungkinkan saya untuk dapat mengeksplorasi kemampuan serta potensi yang ada di dalam diri saya secara maksimal.


PRADIKTA ANDI ALVAT adalah PRADIKTA ANDI ALVAT sebuah pribadi yang mungkin hanya bisa di mengerti oleh PRADIKTA ANDI ALVAT itu sendiri, karena bagi saya , potensi , kemampuan serta segala hal tentang diri seseorang , hanya orang itulah yang menghetahuinya.


Sebagai sebuah pribadi sejujurnya saya melukiskan diri saya sendiri sebagai seorang yang AMBISIUS.


Eitssss ambisius ?? apa itu ambisius ,sebelum membahas lebih gamblang tentang makna dari kata ambisius , saya akan terlebih dahulu mencoba untuk menjelaskan apa itu ambisi , bagi saya pribadi ambisi adalah suatu keinginan atau dorongan yang kuat dari seseorang untuk mencapai atau mendapatkan sesuatu yang di inginkanya ,dalam hidup kita membutuhkan ambisi untuk dapat merealisasikan apa yang kita inginkan , dengan memiliki ambisi kita akan tumbuh menjadi pribadi yang pantang menyerah, selalu termotivasi untuk menjadi lebih lebih baik dalam setiap kesempatan serta selalu fokus terhadap sesuatu yang kita inginkan.


Dalam pandangan saya individu yang tidak memiliki ambisi , akan sulit untuk merealisasikan apa yang mereka inginkan , karena tanpa ambisi (keinginan yang kuat) orang akan mudah menyerah, mudah patah semangat serta akan sulit bangkit kembali ketika mengalami suatu kegagalan dalam proses meraih apa yang mereka inginkan. Oleh karena itu setiap individu harus memiliki ambisi yang besar untuk dapat merealisasikan apa yang mereka inginkan.


Dan ambisi yang besar itulah yang saya maksud sebagai sifat ambisius , setiap orang tentu memiliki pendapat sendiri sendiri mengenai apa makna dari kata ambisius , kebanyakan orang mengartikan ambisius sebagai sebuah ambisi berlebihan yang tentu berdampak negative terhadap individu yang memiliki sifat ambisius tersebut , sebagian besar orang mengartikan makna kata ambisius sebagai sebuah sikap yang menggebu-gebu dan cenderung suka menghalalkan segala cara (negatif) untuk meraih atau mencapai sesuatu.


Sedangkan ambisius sendiri saya artikan sebagai sebuah ambisi yang besar atau hasrat yang besar untuk merealisasikan apa yang kita inginkan atau cita-cita kan dengan segenap kemampuan dan potensi yang kita miliki sampai titik darah penghabisan (cara yang positif) atau istilah gampang nya saya mengartikan ambisius sebagai suatu ambisi namun dengan skala yang lebih besar dan tentunya dengan makna yang lebih positif.



bagi saya ada banyak hal-hal positif yang dapat kita ambil dari seseorang yang bersifat ambisisus meskipun juga pasti ada dampak negatifnya , berikut dampak positif dari seseorang yang mempunyai sifat ambisius :


1.antusias yang membara: individu yang memiliki sifat ambisius tentu saja akan selalu memiliki semangat yang tinggi dalam menjalani hidup dalam meraih apa yang ia inginkan sehingga orang yang memiliki sifat ambisius besar kemungkinan akan di jauhi dari sifat malas.


2.gigih : individu yang memiliki sifat ambisius akan selalu bekerja keras dan pantang menyerah sebelum apa yang di inginkan nya terwujud , sehingga orang yang punya sifat ambisius besar kemungkinan akan di jauhi dari sifat mudah mengeluh dan mudah menyerah.


3.optimisme tinggi : individu yang memiliki sifat ambisius akan bisa berfikir positif artinya ia lebih mempercayai hal yang di lakukannya dengan sungguh-sungguh dan kerja keras akan berbuah keberhasilan.


Namun sifat ambisius tentunya juga memiliki dampak negatif antara lain :


1.bersifat individualis : tak bisa di pungkiri orang yang bersifat ambisius , pasti  memiliki ego yang besar di dalam dirinya , dan kemungkinan besar ia akan lebih mementingkan kepentingan pribadi dari pada kepentingan kelompok atau tim.


2.bersikap oportunis : orang yang bersifat ambisius cenderung memakai kesempatan sebaik-baiknya untuk keuntungan dirinya sendiri , tanpa memperdulikan kepentingan orang banyak dan cenderung suka menghalalkan segala cara untuk mendapatkan atau mencapai sesuatu (dengan cara negatif)


Saya adalah pribadi yang selalu percaya bahwa apabila sesuatu hal dapat kita ejawantahkan secara positif maka sesuatu hal tersebut juga pasti dapat memberikan dampak yang positif terhadap diri kita. setiap sesuatu hal pasti memiliki segi positif serta segi negatif Oleh karena itu alangkah baiknya jika kita mengambil segi positifnya saja dan meninggalkan atau setidaknya meminimalisir sisi negatifnya.



Oleh karena itu saya selalu bersifat “ambisius” ( dengan meninggalkan dan meminimalisir sisi negatifnya dan selalu berusaha menggunakan sisi positifnya saja) dalam menjalani hidup ini , karena tak bisa di pungkiri , dengan ambisi yang besar (ambisius) tersebut akan dapat membuat kita semakin dekat dengan apa yang kita inginkan atau kita cita-cita kan.



Satu hal penting yang harus kita miliki saat kita mempunyai sifat ambisius yaitu mental dan moral , dengan mental dan moral yang baik maka kita tidak akan mudah terbelenggu dengan sifat menghalalkan segala cara , upaya dan usaha yang bersifat negatif untuk mewujudkan ambisi kita , itu artinya moral dan mental yang baik tentu akan dapat menjadi semacam alat pememinimalisir yang mampu meredam dan mengkontrol sisi negatif dari sifat ambisius yang kita miliki.


Akhir sekali saya ingin kembali menegaskan bahwasanya ambisius sejatinya bukanlah hal yang baik (apabila kita tidak meninggalkan atau meminimalisir sisi negatifnya)  akan tetapi ambisius sudah pasti jauh lebih baik dari pada tidak punya ambisi sama sekali !! 




"AMBISI AKAN MENJAGA , MELINDUNGI DAN MERAWAT SEMANGAT , GAIRAH , SIKAP SERTA PIKIRAN KITA UNTUK SELALU BERADA DI JALUR YANG IDEAL DALAM UPAYA MEWUJUDKAN MIMPI DAN TUJUAN HIDUP KITA"




 SELESAI




Tidak ada komentar:

Posting Komentar