Senin, 17 Agustus 2015

TANGGUNG JAWAB BERSAMA



Hari ini senin 17 agustus 2015 , Negara Indonesia merayakan hari jadinya yang ke 70 , Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 agustus tahun 1945 di jalan pegangsaan timur no 56 jakarta ,naskah proklamasi itu sendiri di bacakan oleh ir.soekarno dengan di dampingi oleh Drs.mohammad hatta , artinya70 tahun sudah negara indonesia kita tercinta ini merdeka.


Kemerdekaan adalah sesuatu yang sangat diharapkan oleh setiap bangsa dimanapun. Suatu bangsa dikatakan merdeka dalam anggapan umum apabila bangsa tersebut telah bebas dari penjajahan dan kolonialisme. Ya, memang itu menurut teori kemerdekaan dalam ungkapan formalitas, tetapi apakah hanya sekedar itu saja makna dari sebuah kemerdekaan?


Tanggal 17 Agustus tahun 1945, merupakan hari dimana hal yang paling bersejarah dalam perjuangan bangsa Indonesia terwujud. Hari yang tak akan pernah terlupakan dalam benak seluruh elemen bangsa Indonesia. Saat itu, bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dibawah bayang-bayang kecemasan. Demi menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia ingin dan telah menjadi negara yang berdaulat, serta punya hak untuk membangun dan mengatur negeranya sendiri.


Dan setelah 70 tahun merdeka apakah saat ini bangsa Indonesia sudah mampu untuk membangun serta mengatur dirinya sendiri dan apakah Negara Indonesia sudah mampu menjadi Negara yang benar-benar berdaulat??? jika anda menjawab sudah maka saya tidak sependapat dengan anda , namun jika anda menjawab belum maka saya akan sependapat dengan anda ,lalu kapankah Indonesia bisa menjadi Negara yang kuat dan benar-benar berdaulat??? sebuah pertanyaan yang mungkin selalu berada di benak setiap warga Negara Indonesia.


Saya berpendapat bahwa suatu Negara yang kuat dan benar-benar berdaulat harus mempunyai kekuatan di 4 bidang yaitu hukum , politik , ekonomi serta militer , sehingga menurut hemat saya untuk dapat membangun serta mengatur dirinya sendiri dan menjadi Negara yang benar-benar berdaulat , Negara Indonesia harus mempunyai kekuatan di 4 bidang tersebut , lalu bagaimanakah kekuatan Negara Indonesia di 4 bidang tersebut sejauh  ini ?? berikut akan saya jelaskan secara gamblang berdasarkan opini dan pendapat saya (dan mohon di koreksi seandainya saya salah )


di bidang hukum saya rasa aturan hukum di Indonesia sudah cukup baik (karena segala sesuatu hal di indonesia pasti ada aturannya) namun dari segi implementasi penegakan hukumnya saja yang masih perlu di benahi , dan untuk membenahi nya di perlukan peningkatan profesionalisme dan kualitas dari para penegak hukum serta kerjasama dan koordinasi yang baik antara institusi penegak hukum (polri ,kpk , hakim , kejaksaan dll) dengan peran aktif dari masyarakat, dengan adanya kerjasama serta koordinasi yang baik dari institusi penegak hukum dan masyarakat tentu saja hal tersebut akan membuat penegakan hukum di Indonesia menjadi lebih baik.


Di bidang politik saya mempunyai 2 pandangan , yaitu politik ke luar (hubungan dengan bangsa-bangsa lain) dan politik ke dalam (penyelenggaraan politik di dalam negeri) , di sini saya berpendapat dari segi politik ke luar, Indonesia sudah cukup baik , hal ini di buktikan dengan banyaknya kerjasama bilateral maupun multilateral yang di lakukan oleh pemerintah indonesia dengan beberapa Negara-negara lain dari berbagai belahan dunia , selain itu Indonesia juga aktif dalam berbagai organisasi internasional seperti asean ,opec,KAA ,pbb serta lainnya sehingga menurut hemat saya pergaulan bangsa Indonesia dengan Negara-negara lain sudah cukup baik , karena politik luar negeri Indonesia sendiri menganut asas bebas aktif.


Sedangkan untuk politik ke dalam (penyelenggaraan politik di dalam negeri) saya rasa negara indonesia sudah mempunyai sistem penyelenggaraan politik yang baik , karena Negara Indonesia sendiri menganut asas demokrasi , yaitu asas yang melibatkan peran rakyat secara langsung dalam penyelenggaraan Negara dan pemerintahan , hal ini di buktikan dengan adanya pemilihan umum secara langsung oleh rakyat  untuk memilih kepala pemerintahan pusat (presiden dan wakil presiden)  maupun kepala daerah serta anggota legislative baik pusat maupun daerah sejak tahun 2004.


namun lagi-lagi implementasi dari sistem penyelenggaraan politik lah yang menjadi kendala,tak bisa dipungkiri penyelenggaran politik di Indonesia masih jauh dari kata memuaskan , masih banyak terjadi permasalahan-permasalahan seperti kurangnya partisipasi aktif dari masyarakat dalam pemilu (masih banyak golput) , masih banyaknya kasus-kasus mengenai politik uang dalam pemilu ,serta kurang tegasnya pemerintah serta aparat penegak hukum dalam memberantas masalah-masalah tersebut (seperti diketahui oleh khalayak umum ,sikap pemerintah dan para penegak hukum seperti memberi “kesan” melegalkan politik uang di dalam penyelenggaraan pemilu) serta permasalahan-permasalahan lainnya.


sehingga untuk membuat penyelenggaran politik yang baik di dalam negeri menurut hemat saya , harus ada kerjasama atau pola kerja yang baik antara suprastruktur politik (pemerintah dan penegak hukum) ,infrastruktur politik (parpol , pers ,kelompok kepentingan dll) serta dukungan atau partisipasi yang aktif dari rakyat.


Lalu bagaimana dengan kekuatan Indonesia di bidang ekonomi ??? ,sebagai Negara berkembang ,bidang ekonomi inilah yang saya rasa menjadi titik lemah Negara Indonesia , mengapa saya mengatakan menjadi titik lemah ?? tak bisa di pungkiri bahwa di bidang ekonomi Indonesia masih terlalu bergantung kepada Negara lain , meskipun mempunyai sumberdaya alam yang mumpuni (laut ,tambang,hasil pertanian dll )  namun ternyata Indonesia belum bisa memanfaatkannya menjadi sebuah kekuatan yang membuat Negara Indonesia di segani oleh Negara-negara lain.



sebagai negara kepulauan yang memiliki wilayah laut yang sangat luas sangat miris  melihat negara kita saat ini masih mengimpor garam dari luar negeri ,selain itu sebagai Negara yang katanya sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani sehingga di sebut negara “agraris” namun ternyata sampai sekarang pun untuk swasembada pangan rasanya masih jauh dari kata mampu,Negara Indonesia yang juga katanya sebagai Negara yang melimpah akan hasil pertanian nya nyatanya juga masih mengimpor gula,kedelai,daging sapi serta hasil-hasil pertanian lainnya dari luar negeri.


selain itu meskipun Indonesia mempunyai kekayaan alam akan tambang emas namun nyatanya Indonesia belum bisa memanfaatkanya dan justru menyerahkan kekayaan alam tersebut kepada Negara lain untuk mengolahnya hal itu mungkin di sebabkan karena minimnya sumberdaya manusia Indonesia yang kapabel di bidang tambang serta kurangnya  peralatan yang modern dan canggih untuk mengolah hasil tambang emas tersebut.


tak bisa di pungkiri saat ini Indonesia masih belum bisa menjadi Negara yang mandiri dan berdikari (berdiri di kaki kita sendiri) di bidang ekonomi , negara indonesia masih terlalu bergantung dengan Negara lain.


di Indonesia masih banyak rakyat misikin , di Indonesia masih banyak anak putus sekolah , di Indonesia masih banyak pengangguran,di Indonesia juga masih tinggi angka kriminalitas yang sebagian besar di sebabkan oleh kondisi ekonomi. Lalu bagaimana peran pemerintah sejauh ini dalam bidang ekonomi ??


menurut hemat saya peran pemerintah dalam mengatasi masalah ekonomi tidak bisa di katakan buruk begitu saja , pemerintah banyak membuat program-program untuk memajukan kondisi perekonomian Indonesia di antaranya pembangunan infrastruktur transportasi seperti pembangunan jalan tol ,pembangunan jembatan penghubung antar kota atau antar pulau , pembangunan pelabuhan serta lapangan undara baru , serta perbaikan kondisi jalan yang di gunakan dalam lalu lintas perekonomian.


selain itu pemerintah juga mempunyai program keluarga berencana (KB) yang mencanangkan setiap keluarga untuk mempunyai cukup 2 anak saja, hal tersebut berguna untuk menekan laju pertumbuhan penduduk di mana jumlah penduduk juga sangat berpengaruh pada kondisi perekonomian suatu negara, karena semakin besar jumlah penduduk suatu negara  maka beban suatu Negara  tersebut juga  akan semakin besar hal tersebut berpengaruh terhadap pertumbuhan ,stabilitas serta pemerataan perekonomian suatu Negara.


pemerintah juga mencangkan program transmigrasi penduduk hal ini bertujuan untuk pemerataan jumlah penduduk di pulau pulau di Indonesia, di mana jumlah penduduk di pulau jawa dan pulau-pulau lainnya  masih jauh dari kata merata sehingga program transmigrasi tersebut di harapkan mampu membuat pembangunan ekonomi di indonesia menjadi merata dan seimbang , selain itu pemerintah juga banyak mengeluarkan kebijakan dan program-program perekonomian lainnya.


Namun di sisi lain pemerintah juga rupanya kurang memberi perhatian secara khusus di sektor-sektor perekonomian tertentu yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia seperti bidang pertanian dan pertambangan , kurangnya perhatian pemerintah terhadap para petani ini di buktikan dengan masih kurangnya ketersediaan pupuk dan bibit serta masih mahalnya harga pupuk dan bibit di lapangan.


selain itu banyaknya lahan pertanian yang berubah menjadi mal atau pusat perkantoran juga membuat produksi bahan pangan menjadi menurun hal ini seharusnya juga menjadi perhatian pemerintah,dimana pemerintah seharusnya memberlakukan kebijakan yang pro terhadap para petani bukan malah mengizinkan dengan mudah dan sembarangan berdirinya mal atau pusat perkantoran di lahan-lahan yang semula merupakan lahan pertanian ,padahal petani adalah garda terdepan Indonesia untuk dapat mewujudkan swasembada pangan atau bahkan bisa sampai pada level ekspor maka dari itu seharusnya pemerintah  memberi perhatian khusus pada sektor ini.


sedangkan di bidang pertambangan saya rasa pemerintah belum terlalu serius mengelola kekayaan tambang di Indonesia ,ini terbukti dengan banyaknya perusahaan asing (total , Freeport) yang berdiri di Indonesia untuk “menguras” kekayaan tambang Indonesia ,seharusnya pemerintah mengerti bahwa bidang pertambangan adalah salah satu bidang yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia , sehingga penyediaan sumberdaya manusia yang berkualitas di bidang tambang serta penyediaan peralatan yang canggih dan modern adalah prioritas pemerintah, hal tersebut harus di tambah pula  dengan kebijakan pemerintah dan deregulasi peraturan perundang-undangan terhadap bidang pertambangan yang lebih pro untuk kepentingan umum dan kesejahteraan rakyat.


Selain kurangnya perhatian pada sektor-sektor tertentu yang menjadi keunggulan bangsa Indonesia , tampaknya berjalannya perekonomian Indonesia juga masih di bayangi dengan korupsi yang merajalela (seperti korupsi pembangunan jalan tol , mafia perdagangan ,korupsi dana subsidi pemerintah, korupsi dana bantuan sosial yang secara langsung maupun tidak langsung menghambat laju perekonomian Indonesia) , sehingga di bidang ekonomi ini tak bisa lepas dengan bidang penegakan hukum , oleh karena itu bila penegakan  hukum sudah bagus maka hal tersebut akan berdampak terhadap perbaikan pertumbuhan ekonomi.


Lalu bagaimanakah kekuatan militer Indonesia ??? , saya rasa dari segi kualitas personel , tentara Indonesia tidak kalah dengan tentara-tentara lain di di dunia , namun dari segi perlengkapan senjata atau alutista ,Negara Indonesia masih kalah jauh dengan Negara-negara lain di dunia khususnya eropa ,amerika dan asia timur. peralatan persenjataan di Indonesia masih kalah modern dan canggih dari alutista perang di Negara-negara lain.


oleh karena itu menurut hemat saya , pemerintah dalam APBN harus menyediakan alokasi dana yang cukup di bidang pertahanan negara (militer)  agar kita dapat membeli alutista atau peralatan perang yang canggih dan modern atau dengan cara lain yaitu mengirimkan para anak-anak terbaik bangsa ke Negara-negara yang memiliki kekuatan militer hebat untuk menimba ilmu disana , sehingga Indonesia tidak kekurangan sumberdaya manusia yang ahli di bidang kemiliteran. Karena kekuatan kemiliteran suatu Negara bisa menjadi tolak ukur kekuatan ketahanan nasional suatu bangsa dan merupakan salah satu aspek pokok berdirinya suatu negara


Dengan mempunyai kekuatan di bidang hukum , politik , ekonomi serta militer yang kuat saya rasa bangsa Indonesia akan bisa menjadi Negara yang benar-benar berdaulat  dan mampu untuk mengatur dan mengelola dirinya sendiri tanpa intervensi dari Negara-negara lain.


Setelah 70 tahun pasca proklamasi kemerdekaan Negara republik indonesia ,usaha untuk merajut asa dan mewujudkan cita-cita serta tujuan bangsa yang tercantum dalam pembukaan UUD NRI 1945 alinea IV masih terus di galakkan oleh pemerintah ,namun usaha pemerintah Tersebut akan menjadi hal yang sia-sia tanpa dukungan serta partisipasi yang aktif dari rakyat.


akhir sekali saya ingin mengingatkan kita semua , termasuk diri saya sendiri , bahwa indonesia kita tercinta ini adalah sebuah bangsa yang besar , sebuah bangsa besar yang saat ini sedang terpuruk, untuk menjadikan  bangsa ini menjadi sebuah bangsa yang benar-benar berdaulat dan untuk menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang di segani oleh bangsa lain adalah tanggung jawab kita bersama , tanggung jawab saya , tanggung jawab anda , tanggung jawab kalian ,  tanggung jawab mereka dan tanggung jawab seluruh masyarakat indonesia (baik pemerintah maupun rakyat).


dengan selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap apapun profesi atau bidang yang kita geluti , maka tanpa kita sadari kita sudah turut serta dalam pembangunan bangsa ini menuju bangsa yang "BENAR-BENAR" berdaulat , bangsa yang bisa membangun dan mengatur dirinya sendiri tanpa intervensi bangsa lain.


SEBAGAI PENUTUP SAYA INGIN MENGUCAPKAN SELAMAT ULANG TAHUN KEPADA INDONESIA YANG KE 70 , DIRGAHAYU INDONESIA !!!!!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar