Kamis, 13 Agustus 2015

UNTUK MENJADI PRIBADI YANG LEBIH BAIK KITA TIDAK HARUS MENJADI DIRI SENDIRI



Alunan lagu berjudul “poppies lane memory” dari slank menggema di sebuah kamar , dimana di kamar tersebut terdapat sesosok lelaki bertelanjang dada tengah asyik memainkan jari-jemarinya nya menari-nari di atas keyboard laptop Toshiba berwarna hitam dengan mimik wajah yang sedikit serius ,siapakah gerangan lelaki itu ???


Lelaki itu adalah pradikta andi alvat , ya lelaki itu adalah diri saya sendiri , waktu liburan yang terlalu panjang ( 2 bulan ) memaksa diri saya untuk mencari suatu aktivitas yang dapat membunuh kejenuhan sekaligus mengisi libur kuliah ini dengan kegiatan yang positif serta bermanfaat.


Selama liburan kuliah ini praktis , aktivitas sehari –hari saya habiskan di rumah, mengantar adik ke sekolah ,membaca buku , menulis serta berkumpul bersama keluarga adalah rangkaian kegiatan saya sehari-hari selama liburan kuliah kali ini. Selain itu sekali – kali saya juga menyempatkan diri untuk bermain futsal bersama teman-teman.


Sebagai seorang lelaki muda berusia 20 tahun , terkadang saya menyukai dan melakukan hal-hal yang sedikit kurang lazim di lakukan oleh orang-orang yang seumuran dengan diri saya , dimana biasanya orang-orang yang seumuran dengan saya akan menyukai hal-hal yang bersifat  teknologi , keramaian atau hiburan seperti nonton film di bioskop , nongkrong di mal atau pusat perbelanjaan ,ataupun hunting foto di tempat-tempat yang indah , sedangkan saya lebih suka dengan aktivitas yang bersifat rumahan dan privat seperti menulis dan membaca buku ,satu-satu nya aktivitas yang dapat membuat saya keluar dari rumah adalah bermain futsal dan wisata kuliner hehehe.


Kemudian biasanya orang – orang yang seumuran dengan saya akan menyukai tayangan televisi seperti pertandingan sepakbola luar negeri (liga inggris ,liga spanyol dll) , FTV , sinetron ,film horror ,stand up comedi , film aksi atau pun film kartun namun diri saya justru menyukai tayangan-tayangan televisi yang bertema kan birokrasi , politik , pemerintahan serta hukum , oleh karena itu stasiun televisi favorit saya adalah metro tv dan tv one , karena keduanya adalah stasiun televisi yang sering menayangkan acara-acara yang bertema kan birokrasi , politik , pemerintahan serta hukum.


Memang terkadang hal-hal yang saya suka dan saya lakukan dalam kehidupan ini sedikit kurang lazim di lakukan oleh orang-orang yang seumuran dengan diri saya, namun apabila hal-hal tersebut sesuai dengan kenyamanan serta keyakinan hati saya , mengapa tidak? Saya hanya ingin menjadi diri saya sendiri dan menjadi tuan bagi diri saya sendiri ,tak lebih dan tak kurang karena yang paling mengerti diri saya adalah saya sendiri


walaupun tak selamanya saya menjadi diri saya sendiri.


Menjadi diri sendiri , apakah maksud dari kalimat tersebut ???
Menjadi diri sendiri saya artikan sebagai sebuah wujud karakter , watak , perilaku dan sifat yang murni keluar dari dalam diri individu itu sendiri karena itu segala sesuatu yang keluar dari invidu tersebut adalah representasi dari apa yang ada di dalam dirinya. Dengan menjadi diri sendiri segala sesuatu yang kita lakukan pasti akan terasa lebih mudah dan nyaman.


Pada suatu waktu  saya pernah mendengar perkataan dari seseorang motivator di tayangan televisi yang berkata demikian : “janganlah menjadi orang lain jadilah diri sendiri maka hidupmu akan menjadi lebih baik” , sebenarnya saya tidak 100% sependapat dengan apa yang dikatakan oleh motivator tersebut.


Mengapa saya tidak 100% sependapat dengan apa yang di katakan oleh motivator tersebut ???


Alasan saya yaitu , setiap orang yang dilahirkan di dunia ini pasti di beri oleh tuhan berupa kelebihan dan kekurangan serta diberikan pula sisi positif dan negativ dalam dirinya , menjadi diri sendiri tidak harus menutup diri terhadap perilaku ataupun kepribadian orang lain ,terkadang mungkin kita juga perlu meniru kepribadian atau perilaku orang lain yang bersifat positiv apabila memang kepribadian atau perilaku orang lain tersebut terasa nyaman berada di dalam diri kita. Dan membuat diri kita menjadi pribadi yang lebih baik.mengapa tidak ???


Contoh gamblangnya seperti ini, si A adalah seorang yang mempunyai sifat negative berupa pendendam namun dia juga mempunyai sifat yang positif yaitu pekerja keras , sedangkan si B mempunyai sifat positif berupa pemaaf , namun dia juga mempunyai sifat negative berupa malas . sehingga menurut hemat saya alangkah baiknya jika si A meniru kepribadian si B mengapa ia bisa menjadi seorang yang pemaaf , sedangkan si B meniru kepribadian si A mengapa ia bisa menjadi seorang yang pekerja keras dengan begitu si A dan si B akan menjadi pribadi yang  lebih baik dari sebelumnya


Bayangkan saja jika si A tetap menjadi dirinya sendiri , maka sifat negative pendendamnya tidak akan pernah hilang atau setidaknya berkurang , dan juga andai kata si B tetap menjadi dirinya sendiri mungkin sifat malasnya tidak akan pernah hilang atau pun berkurang , jadi alangkah baiknya jika si A dan si B tetap menjadi dirinya sendiri dari sisi positif yang ada di dalam dirinya , dan mungkin perlu untuk meniru kepribadian positiv seseorang yang mana kepribadian tersebut menjadi sisi negative di dalam dirinya.


Demikian juga dengan diri saya , tidak sepenuhnya saya menjadi diri saya sendiri , terkadang untuk menetralisir sisi negative dalam diri saya , saya mencoba menjadi pribadi orang lain yang mungkin memiliki segi positif dalam sisi negative yang ada di dalam diri saya tersebut.


memang tidak sepenuhnya sisi negative dalam diri saya tersebut hilang akan tetapi setidaknya hal tersebut dapat mengurangi kadar sisi negative yang ada di dalam diri saya , karena sejatinya setiap manusia tidak mungkin bisa lepas dari sisi positif dan negative yang ada di dalam diri nya.dan tidak mungkin pula manusia yang hidup di dunia ini hanya memiliki sisi positive saja tanpa mempunyai sisi negative dalam dirinya.



Oleh karena itu untuk menjadi sebuah pribadi yang lebih baik kita tidak harus menjadi diri kita sendiri !!!





"MENJADI DIRI SENDIRI AKAN SELALU MENJADI HAL YANG BAIK , AKAN TETAPI UNTUK MENJADI SEBUAH PRIBADI YANG LEBIH BAIK TERKADANG KITA HARUS MENJADI ORANG LAIN"





SEKIAN






Tidak ada komentar:

Posting Komentar