Selasa, 28 Januari 2020

NASKAH PIDATO SISWA SEKOLAH DASAR: MELAWAN KORUPSI


Asalamualaikum Wr Wb

Yang saya hormati bapak dan ibu guru serta teman teman yang saya banggakan.

Indonesia adalah negara hebat. Negara yang memiliki potensi besar baik sumber daya alam dan sumber daya manusia. Namun sayangnya, Indonesia kita tercinta belum mampu menjadi negara maju dengan segala potensi besar yang dimilikinya. Salah satu penyebabnya adalah korupsi. Korupsi adalah kejahatan luar biasa. Kejahatan yang memiliki dampak buruk bagi segala bidang kehidupan negara. Korupsi membuat pertumbuhan ekonomi mandek. Korupsi membuat dana pendidikan dan kesehatan tidak teralokasi optimal kepada masyarakat. Korupsi membuat pembangunan infrastruktur tidak berjalan sebagaimana mestinya. Korupsi membuat rakyat semakin sengsara.

Titik tekan yang ingin saya sampaikan disini bahwa korupsi adalah kejahatan luar bisa yang menjadi musuh kita bersama. Oleh karenanya, harus kita lawan pula secara bersama-sama sesuai dengan peran dan porsi kita masing-masing. Dalam konteks penegakan hukum biarlah pemberantasan korupsi menjadi otoritas pihak penegak hukum. Sedangkan porsi dan peran kita sebagai siswa dan siswi sekolah dasar adalah bagaimana menjauhi perilaku-perilaku koruptif sejak dini. Misalnya bersikap jujur, bekerja keras, dan selalu mendekakatkan diri kepada Allah. Hal tersebut penting untuk menjaga dan membentengi diri kita dari perilaku keji termasuk perbuatan-perbuatan koruptif.

Akhir sekali saya menghimbau sekali lagi bahwa korupsi adalah musuh kita bersama. Mari lawan korupsi secara bersama-sama sejak dini, bisa dengan hal-hal yang bersifat sederhana. Misalnya bersikap jujur dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama.

Mari lawan korupsi. Korupsi adalah musuh bangsa.

Wasalamualaikum Wr Wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar