Kamis, 09 November 2017

SELAMAT HARI PAHLAWAN


" Menjadi pahlawan dalam konteks yang paling sederhana adalah menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri dan orang-orang yang kita cintai "


Esensi dasar dari sifat kepahlawanan adalah semangat pantang menyerah, jiwa rela berkorban dan senantiasa gigih berjuang untuk kemaslahatan masyarakat.

Para pahlawan pendahulu kita telah membuktikan bahwasanya semangat pantang menyerah, jiwa rela berkorban baik harta ataupun nyawa, dan perjuangan tanpa kenal lelah adalah modal pokok untuk meraih sebuah kemerdekaan dan keberhasilan.

Oleh karenanya, nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh para pahlawan tersebut hendaknya patut kita teladani dan kita implementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, tidak harus dengan skala yang besar seperti halnya yang dilakukan oleh para pahlawan pendahulu kita, namun cukup dengan cara yang sederhana yakni melakukan hal-hal kecil positif yang didasari dengan niat yang baik dan dilakukan secara rutin.

Karena melakukan hal-hal kecil positif dengan didasari niat yang baik dan dilakukan secara rutin seringkali mampu melahirkan sesuatu hal yang besar dikemudian hari, yang pada akhirnya mampu memberikan suatu manfaat dan kemaslahatan bagi masyarakat.

Dalam konteks yang lebih sederhana menjadi pahlawan dapat kita lakukan dengan menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri dan orang-orang yang kita cintai. Dengan cara apa ?

Menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri dapat kita lakukan dengan berjuang dan selalu memberikan upaya terbaik untuk meraih tujuan atau mendapatkan apa yang kita cita-citakan, dengan senantiasa memberikan yang terbaik untuk meraih tujuan atau cita-cita hidup kita pada dasarnya telah membawa kita menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri.

Sedangkan menjadi pahlawan bagi orang-orang yang kita cintai pada dasarnya dapat kita lakukan dengan selalu berusaha memberikan yang terbaik demi kebahagiaan mereka, bekerja sepenuh hati (mencari nafkah), menuntut ilmu tanpa jemu, dan menghindari sesuatu hal yang dapat membuat mereka kecewa adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjadi pahlawan bagi orang-orang yang kita cintai.

Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi pahlawan secara sederhana dapat kita lakukan dengan melakukan upaya bela negara, yang mana hal tersebut merupakan hak sekaligus kewajiban bagi setiap warga negara sebagaimana ketentuan pasal 27 ayat 3 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Menurut pasal 9 ayat 1 Undang-Undang nomor 3 tahun 2002 tentang pertahanan negara, upaya bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaannya terhadap negara kesatuan republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 demi kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Selanjutnya menurut pasal 9 ayat 2 undang-undang pertahanan negara, bentuk upaya bela negara dapat digolongkan ke dalam 4 hal yakni pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran, pengabdian sebagai anggota TNI dan pengabdian kepada profesi.

Dilihat dari 4 bentuk upaya bela negara diatas, secara lebih sederhana melakukan pengabdian terhadap profesi yang kita geluti adalah hal mudah yang dapat kita lakukan sebagai bentuk sumbangsih kita terhadap bangsa dan negara yang kita cintai ini, sekaligus sebagai sarana untuk melakukan upaya bela negara.

Pengabdian terhadap profesi yang kita geluti dapat dimaknai dengan selalu memberikan yang terbaik, bersikap profesional, senantiasa menjunjung tinggi segala koridor peraturan atau kode etik yang menjadi landasan tugas serta mematuhi segala norma-norma kepatutan dalam masyarakat.

Dengan melakukan pengabdian profesi (upaya bela negara), pada dasarnya kita telah menjadi pahlawan bagi bangsa dan negara ini meskipun dalam arti dan skala yang sangat kecil, sederhana serta non formal.

Akan tetapi jika hal tersebut mampu dilakukan oleh setiap anak bangsa yang tentunya memiliki beragam pekerjaan atau profesi, tidak menutup kemungkinan hal-hal kecil tersebut akan memberikan sesuatu hal atau sumbangsih yang besar bagi kemajuan, kesejahteraan dan kemaslahatan negara ini.

Apa yang saya tekankan disini adalah bahwa setiap orang pada dasarnya bisa dan berhak untuk menjadi pahlawan, setidaknya bisa menjadi pahlawan bagi dirinya sendiri dan orang-orang yang mereka cintai, kemudian menjadi pahlawan tidak harus menunggu untuk melakukan hal-hal yang besar dan luar biasa, cukup dengan melakukan hal-hal kecil positif yang didasari niat baik dan dilakukan secara rutin maka kita sudah bisa menjadi pahlawan meskipun dalam arti dan skala yang kecil dan sederhana.

kemudian saya tekankan kembali dalam konteks yang lebih luas yakni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi pahlawan secara sederhana dapat dilakukan dengan melakukan upaya bela negara, yang salah satu caranya adalah lewat jalur pengabdian terhadap profesi atau pekerjaan yang kita geluti masing-masing. Artinya apapun profesi atau pekerjaan kita, selama kita selalu memberikan yang terbaik, bersikap profesional dan taat kepada hukum maupun norma kepatutan dalam masyarakat maka kita juga merupakan seorang pahlawan baik pahlawan bagi diri kita sendiri, pahlawan bagi orang-orang yang kita cintai maupun pahlawan bagi bangsa dan negara ini walaupun dalam skala yang sangat kecil.

Dan akhir sekali, karena hari ini bertepatan dengan hari pahlawan, maka saya ingin mengucapkan selamat hari pahlawan, semoga arwah para pahlawan pendahulu kita diterima di sisi-NYA dan semoga spirit serta nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh para pahlawan pendahulu kita senantiasa tertanam dalam hati, jiwa dan sanubari kita.





                                  - selesai -



                         












1 komentar:

  1. anda salah satu pencinta permainan poker?
    Mau bonus Rollingan harian?

    mari join segera bersama kami di POKERVITA

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    BalasHapus