Rabu, 15 November 2017

MENJAGA KESEHATAN ADALAH ASET


" Menjaga kesehatan sedari dini adalah aset berharga bagi masa depan diri kita dan orang-orang yang kita cintai, karena kesehatan adalah sumber kebahagiaan "


Kesehatan adalah salah satu aspek terpenting dan vital dalam hidup, sebagai modal utama bagi kita untuk menjalani aktivitas sehari-hari, jika kita sehat tentunya segala aktivitas akan dapat kita kerjakan dengan maksimal, dan sebaliknya jika kita tidak sehat ( sakit ) maka kita tidak akan mampu beraktivitas secara optimal.

Kesehatan adalah modal bagi setiap orang untuk hidup produktif, apapun status atau pekerjaan kita, baik pelajar, mahasiswa, seniman, atlet, pegawai kantor, petani, pedagang ataupun pekerjaan lainnya, kesehatan sangatlah penting untuk menunjang kinerja kita, dengan kesehatan, energi dan potensi yang ada dalam diri kita akan dapat kita maksimalkan, sehingga memungkinkan kita untuk hidup lebih produktif.

Kesehatan adalah modal bagi kebahagiaan hidup, sehat memungkinkan kita untuk bisa menikmati waktu-waktu senggang bersama orang-orang yang kita cintai, sehat memungkinkan kita untuk bisa melakukan aktivitas yang menjadi kegemaran kita, sehat membuat kita bisa menikmati hasil jerih payah dari pekerjaan yang telah kita kerjakan, sehingga kebahagiaan hidup pun akan dapat kita rasakan.

Sebaliknya jika kita sakit maka waktu yang kita miliki akan dihabiskan untuk urusan berobat, berobat dan berobat, hal itu membuat kondisi psikologis kita maupun keluarga kita tentunya akan terganggu. Lagi pula jika kita sakit tentunya akan ada batas-batas yang membatasi ruang gerak kita seperti tidak boleh makan ini, tidak boleh aktivitas itu dan lainnya. hal itu otomatis akan mengurangi tingkat kebahagiaan hidup kita.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan sejak dini adalah hal penting, menjaga kesehatan ibarat aset bagi kehidupan kita, pola hidup yang kita terapkan saat ini akan kita petik dimasa depan, maka dari itu, semakin sehat pola hidup yang kita terapkan saat ini tentunya akan lebih positif untuk menunjang kesehatan kita baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Dalam hidup saya sendiri, saya pun terbiasa menerapkan pola hidup sehat, meskipun dalam beberapa kesempatan terkadang sesekali sedikit lepas kendali ( namun dalam skala dan intensitas yang wajar dan terkontrol ), dan berikut beberapa pola hidup sehat yang saya terapkan dalam kehidupan saya, yang barangkali bisa menjadi bahan referensi bagi anda yang ingin menerapkan pola hidup sehat :


1.makan makanan bergizi dan higienis

Makanan bergizi artinya adalah makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh seperti protein, karbohidrat, vitamin, lemak, dan mineral, protein dapat kita peroleh dari daging, tahu , telur, tempe dll, karbohidrat dapat kita peroleh dari nasi, roti, sagu atau singkong, lemak dapat kita peroleh dari daging sapi, daging kambing maupun daging ayam, mineral dan vitamin dapat kita peroleh dari buah-buahan dan aneka sayuran hijau.

Selain faktor gizi, hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi suatu makanan adalah bagaimana tingkat kebersihan atau kehigienisan dari makanan tersebut, karena makanan bergizi pun kalau tidak higienis tentunya akan berbahaya bagi tubuh.


2.banyak minum air putih

menurut praktisi kesehatan, idealnya dalam sehari manusia minimal minum air putih sebanyak 2 liter ( 8 gelas sehari ), hal ini menjadi penting karena dua pertiga tubuh kita adalah air, dengan minum air yang cukup kita akan terhindar dari dehidrasi sehingga membuat kita bisa memaksimalkan tenaga dan kinerja tubuh kita. Selain itu, mengkonsumsi air yang cukup memungkinkan tubuh kita untuk membuang zat-zat beracun melalui urin.

Dalam sehari biasanya saya minum air putih antara 8 - 11 gelas.


3.olahraga teratur

olahraga teratur adalah salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan kita, olahraga teratur dapat membuat sirkulasi dan aliran darah dalam tubuh kita berjalan lancar sekaligus bisa membakar lemak jahat yang berbahaya bagi tubuh.

Dalam seminggu, saya cukup rutin berolahraga seperti jogging kecil, bermain futsal ataupun berenang. Semua itu saya lakukan sebagai usaha untuk menjaga kesehatan sekaligus menyalurkan hobi, karena kebetulan saya termasuk pribadi yang gemar berolahraga.


4.mengurangi makanan dan minuman manis

Makanan atau minuman yang mengandung glukosa tinggi tentu sangat berbahaya bagi tubuh karena hal tersebut dapat memicu obesitas sekaligus sebagai bibit timbulnya penyakit-penyakit kronis seperti diabetes dan jantung, oleh karena itu saya selalu mengatur asupan gula dalam tubuh saya agar tidak berlebih, diantaranya dengan cara meminimalisir mengkonsumsi makanan dan minuman manis seperti kue manis, karamel atau minuman kaleng bersoda, saya sendiri lebih suka mengkonsumsi minuman tawar seperti kopi tanpa gula atau teh tanpa gula.


5.istirahat cukup

Tubuh juga membutuhkan istirahat untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan untuk me-recharge tenaga yang terkuras, oleh karenanya istirahat yang cukup adalah hal penting untuk membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan lebih bugar, tidur yang cukup dan berkualitas adalah kunci untuk dapat membuat kita lebih sehat dan bugar.

Dalam sehari saya alokasikan waktu antara 6-8 jam untuk tidur.


6.beribadah, bergaul dan melakukan aktifitas kegemaran ( hobi )

Kesehatan batin akan sangat mempengaruhi kesehatan badan kita, oleh karenanya menjadi penting bagi kita untuk melakukan suatu aktivitas yang dapat membuat batin kita bahagia dan tenteram seperti rajin beribadah (mendekatkan dir dengan Tuhan ), bergaul dengan teman-teman kita maupun melakukan hobi atau aktifitas kegemaran.

Dalam seminggu saya pun selalu meluangkan waktu untuk bergaul atau berkumpul bersama teman-teman saya serta tak lupa saya juga selalu meluangkan waktu untuk melakukan beberapa hobi saya seperti membaca, bermain futsal, menulis, bermain game, dan mendengarkan musik yang bahkan saya lakukan tiap hari.


7.mengurangi makanan cepat saji, junk food dan makanan berminyak

Makanan cepat saji, junk food ( makanan sampah atau minim gizi ) dan makanan berminyak adalah ketiga makanan yang perlu kita hindari karena ketiga makanan tersebut amat berbahaya bagi kesehatan kita jika kita konsumsi secara rutin, sehingga perlu bagi kita untuk mengurangi mengkonsumsi ketiga jenis makanan tersebut demi menjaga kesehatan kita.

Saya sendiri cukup jarang mengkonsumsi makanan cepat saji dan junk food, kecuali makanan berminyak yang memang masih sering saya konsumsi namun dalam batas dan skala yang terkontrol tentunya.


8.jangan merokok, minum minuman keras dan mengkonsumsi narkoba

Ketiga hal ( rokok, miras dan narkoba ) yang saya sebutkan diatas selain mengandung banyak mudharat disisi yang lain juga sangat berbahaya bagi kesehatan, rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung, kanker, impotensi dan gangguan janin, miras dan narkoba bisa merusak ginjal, paru-paru, jantung dan sistem syaraf, sehingga badan dan pikiran kita tidak bisa bekerja secara optimal, oleh karenanya sangat penting bagi kita untuk menghindari mengkonsumsi ketiga hal tersebut untuk menjaga kesehatan kita.

Itulah beberapa pola hidup sehat yang saya terapkan dalam kehidupan saya, menerapkan pola hidup sehat pada dasarnya adalah sebuah investasi atau aset bagi kita dikemudian hari, pola hidup sehat yang kita terapkan saat ini akan membuahkan keuntungan bagi diri kita di masa yang akan datang, oleh karenanya tidak akan pernah rugi jika kita menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan kita.

Menerapkan pola hidup sehat hanya akan membuat kita lebih sehat, lebih bugar, lebih produktif, lebih bahagia dan memungkinkan kita untuk bisa menikmati hidup lebih lama.

     
                                 Selesai .....








Tidak ada komentar:

Posting Komentar